Gambar TOT Pemahaman Alquran Radikal dan Liberal

TOT Pemahaman Alquran Radikal dan Liberal

UIN Online - Pusat Studi Quran (PSQ) Jakarta yang dipimpin Prof Dr M Quraish Shihab MA dan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan melaksanakan Training of Trainers (TOT) bagi para dosen tafsir dan ulum Alquran se-Indonesia.

TOT akan berlangsung 5-7 November 2010, di Hotel Banua, Makassar. Kegiatan ini diadakan untuk meretas pemikiran dalam memahami Alquran antara yang berhaluan liberal dan radikal.

Dari pelatihan ini, pada sisi lain diharapkan dapat mencairkan pandangan liberal dan radikal dari Alquran. Untuk kemudian, bisa bersama-sama membangun masyarakat dengan ajaran-ajaran yang mencerahkan.

"Peserta TOT sebanyak 40 dosen berasal dari seluruh peguruan tinggi yang berbasis Islam, seperti halnya UMI, UIM, Unismuh, maupun PTAIN dan PTAIS yang berada di Sulawesi Selatan," ungkap ketua jurusan tafsir hadits Mahmuddin MAg, Rau (26/10/2010).

Problema klasik juga melatar belakangi munculnya ide untuk melaksanakan TOT, yaitu peserta didik yang menjadikan perguruan tinggi Islam sebagai alternatif kedua setelah perguruan tinggi umum. Selain juga alumni perguruan tinggi Islam belum mampu memainkan peran optimal membumikan Alquran dan berbagai masalah lainnya.

Mahmuddin menambahkan, kerja sama yang di lakukan oleh FUF UIN Alauddin dan PSQ Jakarta disponsori penuh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Nantinya panitia lokal hanya memfasilitasi peserta dan tempat kegiatan saja. (*)
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik