Gambar Tingkatkan Pengawasan Internal, SPI UIN Alauddin Terima Studi Banding SPI STIBA Makassar

Tingkatkan Pengawasan Internal, SPI UIN Alauddin Terima Studi Banding SPI STIBA Makassar

UIN Alauddin Online - Dalam upaya meningkatkan efektivitas pengawasan internal, Satuan Pengawas Internal (SPI) Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengadakan kunjungan studi banding ke SPI Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Rabu, 24 Januari 2024.

Kegiatan ini menjadi momen strategis bagi kedua institusi untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait praktik terbaik dalam pengawasan internal, khususnya di lingkungan pendidikan tinggi. 

Tim dari SPI STIBA Makassar yang terdiri dari Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Kepala Bagian Audit Mutu, dan Kepala SPI STIBA Makassar mendapatkan kesempatan emas untuk memahami berbagai aspek pengelolaan dan operasional SPI di UIN Alauddin.

Diskusi antara kedua tim membahas topik-topik strategis seperti strategi audit internal, pengelolaan risiko, serta implementasi kebijakan dan prosedur pengawasan yang efektif. 

Sekretaris SPI UIN Alauddin, Roby Aditiya, menyampaikan harapannya terhadap kunjungan ini, 

"Kami berharap kunjungan studi banding ini dapat menjadi wadah yang produktif untuk saling belajar dan bertukar ide. Semoga kedua institusi dapat mengembangkan strategi pengawasan internal yang lebih efektif, untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi yang lebih besar," jelasnya.

Meskipun Kepala SPI UIN Alauddin sedang cuti Umroh, Sekretaris SPI turut mewakili dan menyampaikan harapannya atas keberhasilan kunjungan ini.

Sebaliknya, Kepala SPI STIBA Makassar menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dan kesempatan berharga yang diberikan oleh SPI UIN Alauddin.

"Kami sangat menghargai kesempatan ini untuk belajar dari pengalaman SPI UIN Alauddin. Terima kasih atas keramahan dan sharing pengetahuan yang berharga. Kami yakin bahwa apa yang kami pelajari hari ini akan sangat membantu dalam peningkatan praktik pengawasan internal kami di STIBA Makassar," katanya.

Harapannya, kunjungan studi banding ini dapat membuka pintu bagi kerjasama lebih lanjut antara SPI STIBA Makassar dan SPI UIN Alauddin, sambil memperkuat jaringan pengawasan internal di antara lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

Previous Post Inovasi Berkelanjutan, Prodi Fisika Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah
Next Post Eks Menpora RI Sambangi UIN Alauddin Makassar, Beri Penguatan Moderasi Beragama di Kalangan Mahasisw