Gambar Tiga Mahasiswi Keperawatan Sabet Juara 2 Lomba Video Edukasi Fam Fest 2024

Tiga Mahasiswi Keperawatan Sabet Juara 2 Lomba Video Edukasi Fam Fest 2024

UIN Alauddin Online - Tiga Mahasiswi Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, meraih juara 2 lomba video edukasi pada Fam Fest 2024, yang diadakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Makassar.

Kompetisi tersebut diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendewasaan usia perkawinan, pengaturan Kelahiran, pembinaan Ketahanan Keluarga, peningkatan Kesejahteraan Keluarga dan pencegahan Stunting Sejak Dini. Pengumuman pemenang dilakukan di Taman Pakui Sayang, Sabtu 19 Oktober 2024. 

Tim yang terdiri dari Erma Binti Arsyad, Nabila Nurwafiah Mashuri, dan Najwa Adelia  Azzahra itu, mengangkat tema "Pendewasaan Usia Perkawinan" pada video yang mereka lombakan.

Erna Binti Arsyad menjelaskan, video itu fokus pada pencegahan TUMBUH, dan TUMBUH yang dimaksud ialah antara lain:
T=Tingkatkan pendidikan,
U=Utamakan kesehatan reproduksi,
M=Membangun kesiapan finansial,
B=Bekali diri dengan keterampilan hidup,
U=Usahakan kematangan emosional,
H=Hargai tanggung jawab pernikahan.

"Kami juga memberikan gambaran mengenai dampak dari setiap poin tersebut, menjelaskan bagaimana persiapan yang matang dapat mengurangi risiko pernikahan dini dan meningkatkan kualitas kehidupan keluarga," jelasnya.

Ia berharap, video tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat, mengenai pentingnya mempersiapkan diri sebelum memasuki kehidupan berumah tangga.

Sementara itu, Eka Hadrayani S Kep Ns M Kep selaku Dosen Pembimbing mengatakan, kompetisi yang diikuti oleh mahasiswi ini adalah salah satu kerja cerdas dalam proses belajar, sehingga mereka mampu mengembangkan skillnya dalam berkarya.

"Dengan mengikuti kompetisi, adik-adik mahasiswa bisa mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki dengan segala inovasi dan kreatifitasnya," ucapnya.

Ns Eka berharap, prestasi seperti ini bisa terus dilestarikan kedepannya.

"Semoga prestasi mahasiswa keperawatan FKIK UIN Alauddin terus terjaga dan berkibar, serta semakin BRILIAN," Ia mengakhiri.

Previous Post FSH UIN Alauddin dan Mahkamah Agung RI Menggelar Seminar Nasional dan Desiminasi Penyempurnaan KHES
Next Post Pusat Peradaban Islam LP2M UIN Alauddin Uji Publik Pedoman Kampus Peradaban