Gambar Syariah Kuliah Umum Bersama Mantan Menteri Agama RI

Syariah Kuliah Umum Bersama Mantan Menteri Agama RI

UIN Online - Mantan Menteri Agama Republik Indonesia, Prof Dr H Said Agil Husain AL Munawar MA bawakan kuliah umum di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universiats Islam Negeri (UIN) Alauddin Maksasar, Selasa (02/01/2011).

Kuliah umum tersebut bertema Fleksibilitas Hukum yang Bersumber dari Al-Qur’an dan As Sunnah. Berlangsung di gedung Lecture Teater (LT) FSH, Kampus II Samata Gowa.

Prof Said Agil mengemukakan, Al-Qur'an dan Assunnah merupakan sumber hukum Islam yang paling sempurna.

“Meski terkadang kita sebagai orang syariah, ketika diminta umtuk menjelaskakan bahwa Al-Qur’an dan Sunnah sebagi hukum yang sempurna secara historis, dan lainnya. Terkadang tidak bisa menjelaskkanya. Hanya mampu menekankan bahwa itu sempurna,” katanya.

Ia banyak menjelasakan akan fungsi Al-Qur’an dan Sunnah. Ia juga menekankan bahwa mulai dari huruf, kata, kalimat-kalimatnya Al-Qur’an tidak akan bisa habis jika hanya ingin dikaji. Andaikan seluruh air laut ingin dijadikan tinta dan seluruh permukaan bumi ingin ditulisi, maka belum cukup untuk mengkaji isinya.

“Mempelajari Al-Qur'an disebut Studi Ulumul Qur’an. Untuk satu disiplin ilmu yang ingin dikuasai, sampai meninggal maksud tersebut tidak akan terwujud,” tambahnya lagi.

Previous Post Sekjen Kemenag RI Kukuhkan Tujuh Pejabat Fungsional SDM UIN Alauddin Makassar
Next Post Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Benchmarking ke UIN Siber Syekh Nurjati, Perkuat Sinergi PJJ