Gambar Sukses Gelar Galaksi 2021, HMJ Pendidikan Fisika UIN Alauddin Umumkan Juara Lomba

Sukses Gelar Galaksi 2021, HMJ Pendidikan Fisika UIN Alauddin Umumkan Juara Lomba

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin mengumumkan Gebyar Lomba dan Kreasi Fisika (Galaksi) 2021 yang bertajuk mengusung tema "Meningkatkan Jiwa Kreatif, Inovatif, dan Terampil menuju Perubahan yang Berkualitas" pada 16 hingga 19 September 2021.

Peserta pada kegiatan ini merupakan pelajar SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA sederajat tingkat nasional. Selain itu penyelenggara juga menyiapkan untuk pelajar tingkat Sulawesi Selatan (Sulsel).

Lomba juara tingkat SD/MI untuk cabang Mewarnai, diraih oleh Bilqis Al Rizqina dari MI Darussalam Jombang, urutan kedua Arsyfa Salsabila Ariyani dari SDN 3 Bareng Malang, serta ketiga oleh Insyafiah Nasuha dari SD Akar Panrita Maminasata.

Selanjutnya Fashion Show, juara perama diraih Elenna Myra Alexa dari SDN Bratan Surakarta, disusul Angelic Darlene dari SD Kalam Kudus Surakarta dan terakhir Dhea Elsyhaviya dari SDN 01 Tanjung Duren Selatan Jakarta.

Sementara Baca Puisi, disabet oleh Adinda Elmira Alkhalifi dari MIN 10 Blitar, juara kedua Zilvanira Ainin Aviz Alkhoiri dari MI Al Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo, ketiga Putri Liana Zahirah dari SDN 04 Sabak Permai.

Adapun pengumuman lomba SMP/MI untuk cabang Cipta Puisi, diraih Ainun Nurul Azqiyah dari SMP/IT Al Fityan School Gowa, disusul Aina Rayyani Syifa Hukom dari SMP Cendekia Ambon, ketiga Harun Al Rasyid dari SMPN 2 Sabak Auh.

Selanjutnya, Olimpiade IPA diraih Nadya Azzahra Zulfikar dari SMP/IT Al Fityan School Gowa, kedua Hafizhah Dhiza Adillah dari SMP Islam Athirah 1 Makassar dan terakhir Maulana Danurdewa Hartono dari MTsN 2 Surabaya.

Sementara Proyek Sains, juara pertama SMP Plus Al Ashri, kedua diraih SMP IT Shohwatul Is'ad, serta ketiga disabet oleh SMPN 2 Pangkaje'ne.

Adapun tingkat SMA/MA sederajat untul lomba Cipta Puisi, diraih Annisa Fahira Adnan dari SMAN 5 Gowa, kedua Sharifah Hayati dari SMAN 1 Sabak Auh, dan ketiga Nur Halizah dari SMAN 1 Majene.

Sementara cabang Essai diraih Virto Ozo Fable Tchaikovsky dari SMAN 1 Badegan, kedua Meissa Fadhilla Yodha Pramita dari SMAN 1 Badegan, terakhir Fathika Raihani Tawali dari SMA Plus Al Ashri Global Mandiri.

Selanjutnya pada lomba Olimpiade Fisika, pertama Zulfa Nailil Muna dari MAN 2 Kota Malang, kedua Tri Wulandari dari MAN 2 Gresik, ketiga Nur Mutmainnah K dari MAN 2 Kota Makassar.

Disusul Desain Poster, pertama Muh Ziaul Yaqsan dari SMA IT Shohwatul Is'ad, kedua Sri Nellidayangza dari SMK SMTI Makassar, ketiga Kemal Farouk At Tirmidzi dari SMA Plus Al Ashri Global Mandiri.

Selanjutnya Akustik, pertama SMK SMTI Makassar, kedua SMKN 1 Pangkep, ketiga SMAN 1 Maros. Sementara untuk cabang Proyek Sains diraih SMAN 1 Maros, disusul SMA Plus Al Ashri dan ketiga MA Ummul Mukminin.

Ketua HMJ Pendidikan Fisika, Ahmad Rudianto mengatakan, program Galaksi ini merupakan agenda tahunan setiap kepengurusan di himpunannya, dimulai sejak 2011 sampai sekarang.

"Kegiatan ini adalah pengembangan dan aktualisasi sumber daya manusia di era pandemi saat ini. Karenanya, kami bermaksud melakukan kerjasama dengan pemerintah institusi pendidikan dan pihak yang peduli pendidikan di Provinsi Sulsel dengan menyajikan berbagai paket kegiatan," katanya.

Ketua Jurusan Pendidikan Fisika, Rafiqah menyampaikan apresiasinya kepada panitia dan pengurus HMJ.

"Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi Galaksi 2021 ini sudah tingkat Nasional. Tentunya tanpa kekompakan panitia semua tidak akan terlaksana walaupun tetap ada sedikit keluhan dimana semua dialihkan secara berani tapi semua bisa di atasi dengan sigap," ujarnya.

Previous Post 700 Mahasiswa FTK UIN Alauddin Ikuti Pembekalan PLP 2 Daring, Dekan FTK Berikan Pesan Penting
Next Post UKM LIMA Washilah UIN Alauddin Kerjasama MAN Enrekang Adakan Pelatihan Jurnalistik