Gambar Studi Pekerja Seks Makassar Antar Arman Raih Doktor di UIN Alauddin

Studi Pekerja Seks Makassar Antar Arman Raih Doktor di UIN Alauddin

UIN Online - Arman Zainuddin menjadi doktor terbaru dari Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Ia mempertahankan disertasi dalam sidang promosi di Gedung PPs UIN Alauddin, Selasa (17/01/2011) tadi malam.

Disertasi Arman berjudul Problematika Dakwah Terhadap Pekerja Seks Komersiil (PSK) di Kota Makassar. Adapun tim penguji terdiri dari Prof M Natsir Mahmud, Prof Dr Musafir Pabbabari, Prof Firdaus, Prof Ahmad M Sewang, Prof Musafir Pababari, dan Dr Nurhidayat Muhammad M Said.

Disertasi Arman fokus pada masalah pekerja seks komersial dalam kaitannya dengan dakwah di kota Makassar. Bagian awal disertasi ini dikemukakan latar belakang masalah yang selanjutnya melahirkan pokok masalah tentang problematika dakwah dan implementasinya terhadap PSK di kota Makassar.

Sub masalahnya adalah, bagaimana kondisi dan faktor adanya PSK di kota Makassar, bagaimana aplikasi dakwah dalam pembinaan PSK di kota Makassar, bagaimana tantangan dan solusi dakwah terhadap PSK.

Laki-laki asal Bombana ini menggunakan metodologi bermula dari penentuan lokasi dan jenis penelitian, metode penelitian yang berdasar pada teori-teori pendekatan ilmu dakwah dan bidang ilmu lain yang mendukung seperti pendekatan rasionalistis, fenomenologis, teori normatife, dan sosiologis sehingga mencakup di didalamnya pendekatan multidisipliner, yang datanya merujuk pada field research.

Pada bagian akhir disertasi ini disebutkan, pertama, keadaan ekonomi PSK, yang terklasifikasi dalam tiga kelompok yakni PSK jalanan sebanyak 241 orang, PSK lokalisasi sebanyak 732, dan PSK professional sebanyak 249. Jumlah PSK di kota Makassar selama penelitian berlangsung sebanyak 1.222 orang.

Kedua, aplikasi dakwah dalam pembinaan PSK di kota Makassar melalui bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan oleh dinas sosial Makassar dan mengikutsertakam instansi terkait.

Ketiga, terdapat banyak tantangan sekaligus menjadi kendala implementasi dakwah dikalangan PSK di kota Makassar, antara lain faktor lingkungan lokalisasi PSK yang kurang konduktif dan sulit dijangkau oleh sentuhan dakwah.

“Saya menilai Anda betul-betul terjun ke lapangan meneliti. Anda begitu menguasai setiap pertanyaan-pertayaan dari tim penguji. Selamat dengan disertasi Anda yang lengkap ini,”kata salah seorang penguji, Prof Dr Ahmad Sewang yang juga pembantu rektor I bidang akademik UIN Alauddin ini. (*)


Previous Post Dekan FDK UIN Alauddin Makassar Pegawai ASN Jaga Integritas
Next Post HMJ Pendidikan Biologi UIN Alauddin Tunjang Kreativitas Melalui BIOFEST