Gambar SMAN I Tinggi Moncong Juara I Debat Ekonomi FSH UIN Alauddin

SMAN I Tinggi Moncong Juara I Debat Ekonomi FSH UIN Alauddin

UIN Online - Wakil SMAN 1 Tinggi Moncong keluar sebagai juara I Economy Debate Contest yang digelar Jurusan Ekonomi Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Debat Tingkat SMA se-Kota Makassar dan Gowa tersebut digelar di gedung Lecture Theatre (LT) UIN Alauddin mulai 28-29 November. Sebanyak delapan tim mengikuti debat tersebut, di antaranya SMAN 1 Tinggi Moncong, SMA 22 Makassar, SMA 13 Makassar, dan dari Pesantren Immim.

"Kegiatan ini bertujuan membuka pikiran bagi anak bangsa mengenai persoalan perekonomian di Indonesia saat ini. Meskipun masih SMA, mereka seharusnya tahu dan debat ini digelar untuk itu," ujar Ketua Panitia, Muh Rais yang juga mahasiswa Ekonomi UIN Alauddin semester V.

Kegiatan yang bertema Peranan Generasi Muda dalam Menyikapi Masalah Ekonomi di Indonesia ini, menampilkan materi debat seperti konversi minyak ke gas, dampak pendidikan gratis terhadap pendidikan, penggunaan alat kontrasepsi dalam mengurangi jumlah penduduk miskin, dan sejumlah tema lainnya.

Sementara itu Ketua Jurusan Ekonomi, Dr Amiruddin K MAg menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan sebuah partisipasi besar yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan Indonesia. "Mereka telah menunjukkan masalah ekonomi selama dua hari. Kita harus melihat proses yang mereka telah lalui," ujarnya.

Dr Sirajuddin MSi dan Nur Asmi Karim MSi menjadi juri pada debat kali ini. Lalu nama-nama tim pemenang yakni, juara I dari SMAN I Tinggi Moncong dengan mendapat penilaian skor dari tim juri, 175 point. Juara II, SMAN 13 A dengan perolehan point 170. Juara III dari SMAN 22 dengan perolehan 199 point, dan juara IV dari SMAN 13 dengan poin 162. (*)

Previous Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik
Next Post FDK UIN Alauddin dan Kemenag Sulsel Bahas Kerjasama Pelatihan Sertifikasi Bimbingan Haji