Gambar Sidang Promosi Doktor Amalia Syurgawi Kaji Kompetensi Guru Tahfizh dalam Peningkatan Hapalan Al Qur'

Sidang Promosi Doktor Amalia Syurgawi Kaji Kompetensi Guru Tahfizh dalam Peningkatan Hapalan Al Qur'

UIN Alauddin Online - Pascasarjana UIN Alauddin Makassar menggelar promosi gelar doktor oleh Amalia Syurgawi M Pd, di Gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG) UIN Alauddin Makassar, Senin 22 April 2024.

Amalia Syurgawi M Pd meraih gelar doktor (S3) setelah mempertahankan disertasinya dengan judul Kompetensi Guru Tahfizh dalam Peningkatan Hapalan Al Qur'an Santri (Studi Kasus Tahfidzul Qur'an di Pesantren Darul Istiqomah) Kabupaten Maros.

Saat memaparkan disertasinya, Amalia mengatakan ada enam kompetensi guru tahfizh yang selalu dikembangkan yakni kompetensi kepribadian, kompetisi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi spiritual, dan kompetensi leadership.

Ia turut menyampaikan implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan tahfizh. 

"Dalam konteks ini, kompetensi tidak hanya dinilai dari segi pedagogis, melainkan juga aspek-aspek spiritual, sosial, dan kepribadian. Olehkarena itu, pendudikan tahfizh tidak hanya bertujuan untuk menghapal Al-Qur'an, tetapi juga untuk membentuk individu yang baik, beretika, dan memberikan kontribusi positif dalam masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Maros itu mengungkapkan terdapat tiga tahap dalam meningkatkan kompetensi yang ada di Pesantren Darul Istiqomah yaitu program Tahsin Qur'an, program Menghapal Qur'an, dan program tasmi' (muraja'ah) Qur'an.

"Dari hasil penelitian yang saya lakukan dengan metode wawancara, dapat disimpulkan bahwa terdapat empat faktor yang memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan hapalan Qur'an yakni dukungan dan perhatian guru, metode pengajaran yang menarik, pembentukan rutinitas harian yang konsisten, dan inspirasi melalui contoh teladan," Ia mengakhiri.

Previous Post Dosen Ilmu Falak UIN Alauddin Bawa Materi di Pelatihan Kepenulisan Media Insight
Next Post WR III UIN Alauddin Makassar Tegaskan Akan DO Mahasiswa Terlibat Tawuran