UIN Alauddin Online - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar angkatan 2022 melaksanakan Service Learning di MTsN Gowa pada Senin 11 Desember 2024.
Dalam pelaksanaannya, mahasiswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk mengajarkan materi “Keberagaman Suku di Indonesia”.
Pembelajaran kooperatif model jigsaw merupakan sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil.
Metode ini dipilih karena mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran melalui kerja sama kelompok.
Proses pembelajaran dimulai dengan pembagian siswa ke dalam beberapa kelompok awal yang disebut “kelompok asal”.
Setiap kelompok diberikan satu bagian materi mengenai keberagaman suku tertentu di Indonesia. Mereka diminta mempelajari budaya suku yang telah ditentukan, termasuk adat istiadat, tarian tradisional, dan rumah adat yang dimiliki oleh suku tersebut.
Setelah mempelajari materi tersebut, siswa dari setiap kelompok asal bergabung dengan siswa dari kelompok lain untuk membentuk “kelompok ahli”.
Di kelompok ahli, mereka berbagi informasi yang telah dipelajari sebelumnya sehingga masing-masing siswa mendapatkan pemahaman yang lebih luas.
Salah satu mahasiswa, Nurfadhilah Syafika Ramadhani, menjelaskan bahwa metode ini membuat siswa lebih aktif dan saling bergantung untuk menyelesaikan tugas belajar.
“Siswa terlihat antusias dan termotivasi untuk belajar karena mereka memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan materi kepada teman-teman mereka di kelompok lain. Ini membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan interaktif," kata Nurfadilah.
Sementara itu, siswa yang menjadi peserta pembelajaran mengaku lebih mudah memahami materi berkat metode pembelajaran yang menarik dan interaktif ini.