Gambar Seminar Antara Pustlitpen LP2M Evaluasi Progres Penelitian LITAPDIMAS 2024

Seminar Antara Pustlitpen LP2M Evaluasi Progres Penelitian LITAPDIMAS 2024

UIN Alauddin Online– Pusat Penelitian dan Penerbitan (Pustlitpen) Lembaga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan Seminar Antara Litapdimas Tahun Anggaran 2024 secara daring melalui Zoom Meeting, Kamis, 10 Oktober 2024.

Seminar ini diadakan untuk mengevaluasi progres penelitian yang didanai oleh program Litapdimas satuan kerja UIN Alauddin Makassar sebelum seminar hasil penelitian yang akan diadakan pada bulan November mendatang. 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari Kamis, 10 Oktober hingga Jumat, 11 Oktober 2024 yang dihadiri oleh para peneliti dari UIN Alauddin Makassar yang telah menerima pendanaan Litapdimas tahun anggaran 2024.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pustlitpen LP2M, Dr Hasbi Ibrahim, dalam sambutannya ia menekankan pentingnya seminar ini sebagai forum untuk melihat perkembangan penelitian yang sedang berlangsung di bawah skema Litapdimas di UIN Alauddin Makassar. 

"Seminar ini bukan hanya ajang untuk mengevaluasi, tetapi juga kesempatan untuk memastikan bahwa penelitian yang kita lakukan memberikan dampak akademik yang signifikan, serta memenuhi target waktu dan kualitas yang diharapkan," ujarnya.

Tujuan utama dari seminar ini, kata Ibrahim adalah untuk mengetahui sejauh mana progres penelitian yang telah berjalan di UIN Alauddin Makassar, sekaligus memberikan penilaian awal terhadap kesesuaian penelitian dengan rencana yang telah diajukan. 

"Progres yang dievaluasi meliputi tahap-tahap penting dari penelitian, baik dari segi kualitas data yang diperoleh, relevansi hasil penelitian terhadap tujuan awal, hingga kesiapan penelitian untuk dipublikasikan," katanya.

Ia mengatakan aeminar antara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan tahunan Litapdimas yang bertujuan untuk memastikan bahwa penelitian-penelitian di lingkungan UIN Alauddin Makassar 

"Evaluasi progres penelitian ini akan menjadi acuan untuk melihat apakah penelitian yang dibiayai sudah sesuai dengan ekspektasi, baik dari sisi akademis maupun teknis. Kami berharap para peneliti dapat memaksimalkan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan penelitian mereka dengan hasil yang terbaik," ucapnya.

Ia berharap dengan seminar ini, para peneliti dapat mempercepat penyelesaian penelitian mereka sesuai dengan evaluasi yang diberikan, sehingga pada seminar hasil mendatang mereka dapat mempresentasikan penelitian yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Litapdimas Kementerian Agama.

Menurutnya, penelitian ini harus tetap berjalan sesuai dengan rencana dan menghasilkan luaran penelitian yang relevan bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.

"Evaluasi progres di pertengahan tahun ini bertujuan untuk memberikan peneliti kesempatan untuk melakukan perbaikan atau penyempurnaan sebelum memasuki tahap akhir penelitian," jelasnya 

Diketahui dalama seminar ini, setiap peneliti mempresentasikan progres penelitian mereka, mencakup berbagai aspek seperti metodologi, pengumpulan data, dan hasil sementara yang telah dicapai. Diskusi interaktif antara peneliti dan evaluator memberikan kesempatan untuk mendapatkan masukan berharga terkait pengembangan dan penyelesaian penelitian sebelum seminar hasil diadakan.

Selama dua hari penyelenggaraan, para peserta seminar juga diberikan panduan praktis oleh reviewer mengenai cara mempercepat penyelesaian penelitian, mengoptimalkan analisis data, dan memastikan bahwa penelitian yang mereka lakukan sesuai dengan standar ilmiah yang tinggi.

Menurut Dr Ibrahim Ini sangat penting mengingat seminar hasil Litapdimas yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 merupakan kesempatan bagi para peneliti untuk menunjukkan hasil akhir penelitian mereka di tingkat nasional.

Previous Post Kepala KUA Somba Opu Terima Langsung Mahasiswa PKL MBKM dari Prodi BSA
Next Post UIN Alauddin Makassar Seleksi Wawancara 1.307 Calon Penerima KIP Kuliah