Gambar SANAD FUFP Rayakan Maulid Nabi Muhammad

SANAD FUFP Rayakan Maulid Nabi Muhammad

UIN OnlineStudent And Alumnus Department of Tafsir Hadis  (SANAD) Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik (FUFP) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar rayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Kegiatan berlangsung di LT fakultas. Samata, Jumat (23/01).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan penutupan Pekan Ilmiah Tafsir Hadis Program Khusus yang ke-dua ini dihadiri Dekan FUFP Arifuddin Ahmad dan civitas akademika sejajaran.

Muhammad Asriady selaku ketua organisasi, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam perayaan maulid ini sama sekali tidak melihat dari segi halal atau haram, boleh atau tidaknya. Namun perayaan ini adalah salah satu wujud kecintaan  umat terhadap Nabi Muhammad saw.

“Perayaan seperti ini setidaknya bisa memberikan nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan jika melihat dari simbol-simbol maulid yang ada yaitu sokko’ dan telur. Keduanya memiliki filosofi masing-masing dari keberadaannya. Sokko’ menyimbolkan persatuan, serta telur menyimbolkan kebulatan tekad,” jelasnya.

Perayaan ini disemarakkan dengan penampilan dari para pemenang pada lomba Pekan Ilmiah. Kegiatan diawali dengan penampilan Barazanji dengan terjemah tiga bahasa, yakni Bugis, Maakassar dan Mandar.

Kemudian dilanjutkan dengan Nasyid yang dibawakan oleh Program Studi Ilmu Al-Qur’an semester lima pada awal acara. Pada akhir acara dihibur dengan adanya penampilan Stand Up Comedy oleh Ansharullah dan juga Musikalisasi Puisi oleh Rizki Ayu Amaliah, yang kemudian ditutup dengan pembacaan doa oleh pemenang Qira’atul Kutub.

Previous Post Aimanul Hakim, Mahasiswa BSI Ikuti Orientasi Pelopor Moderasi Beragama
Next Post Kemenag RI Buka Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Maroko 2024, Cek Infonya di Sini