Gambar Rektor: Dosen Harus Menguasai Tiga Kompetensi

Rektor: Dosen Harus Menguasai Tiga Kompetensi

UIN Online - Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Dr HA Qadir Gassing HT MS menyampaikan tiga kompetensi yang harus dikuasai dosen. Hal ini disampaikan dalam workshop peningkatan wawasan PTK kualifikasi guru RA/MI  di Hotel Pena Mas, Makassar, Selasa (12/04/2011).

"Ada tiga kompetensi mendasar yang harus dimiliki oleh seoarang dosen. Yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi pembelajaran, dan kompetensi kepribadian," kata Prof Qadir ketika menyampaikan materi kebijakan pengembangan UIN Alauddin Makassar.

Lebih lanjut Prof Qadir memaparkan bahwa kompetensi pedagogik merupakan kompetensi elemen dasar yang harus dimiliki seorang tenaga pendidik. "Kompetensi pedagogik terdiri dari beberapa poin," kata Prof Qadir kepada 45 dosen FTK yang mengikuti pelatihan.

Di antaranya kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan menilai proses hasil pembelajaran dan kemampuan memamfaatkan hasil penelitian untuk meningkatkan hasil penelitian.

Sementara kompetnsi kepribadian terdiri dari beberapa kompetensi yaitu empati, berfikir positif kepada diri sendiri dan orang lain, authenticity (bersikap tidak dibuat-buat), berorientasi pada tujuan, kemampuan menghargai keragaman sosial  dan kemampuan membina suasana kelas.

Selain memaparkan kompetensi-kompetensi yang harus dimilki oleh para dosen, Prof Qadir juga menekankan agar para dosen UIN Alauddin dapat  menjadi pendidik  baca tulis Al Qur'an agar seluruh mahasiswa UIN Alauddin semuanya dapat membaca dan tulis Al Quraan.

"Seluruh mahasiswa UIN Alauddin harus dididik agar bisa baca dan tulis Al Qur'an, jadi nantinya tidak ada  alumni UIN Alauddin yang tidak bisa baca dan tulis Al Qur'an dan saya berharaap agar seluruh dosen dapat menjadi pendidik baca dan tulis Al Qur'an bagi mahasiswa," tambah Prof Qadir. (*)
Previous Post Indosat Ooredoo Gelar Audiensi di UIN Alauddin Makassar Bahas IM3 Corner untuk Kewirausahaan Mahasis
Next Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran