Gambar Refreshment LPTK UIN Alauddin Pastikan PPL Batch 1 Tahun 2024 Berjalan Efektif

Refreshment LPTK UIN Alauddin Pastikan PPL Batch 1 Tahun 2024 Berjalan Efektif

UIN Alauddin Online – Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar mengadakan Refreshment Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi dosen pembimbing dan guru pamong Batch 1 tahun 2024 di Aula PPG pada Selasa 10 September 2024.

Kegiatan ini diadakan untuk memperkuat kesiapan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL, memastikan peran mereka dijalankan secara efektif.

Dalam sambutannya, Dekan FTK Dr H Andi Achruh M Pd I mengajak para dosen dan guru pamong untuk memperkuat kerja sama.

“Untuk suksesnya PPL, kita harus bekerja sama dengan maksimal, baik dalam membimbing mahasiswa maupun menguasai modul yang ada. Kolaborasi yang kuat antara dosen pembimbing dan guru pamong sangat diperlukan," ujarnya.

Acara yang berlangsung secara luring dan daring ini menghadirkan tiga narasumber utama. Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr H Muh Rapi M Pd, membuka materi dengan tema “Strategi Penguatan Kompetensi Profesional Guru dalam PPL PPG".

Dalam pemaparannya, Dr Rapi menekankan pentingnya strategi penguatan kompetensi profesional para guru untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal selama PPL.

Selanjutnya, Ketua Program Studi PPG, Dr Usman, M Pd membahas “Pengelolaan Kelas dan Evaluasi Pembelajaran pada PPL".

Ia memberikan berbagai teknik efektif untuk mengelola kelas selama PPL, serta metode evaluasi yang dapat digunakan untuk menilai kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Terakhir, Koordinator Admin, Dr H Muhammad Qaddafi M Si menyampaikan materi teknis mengenai “Pelaksanaan Tugas Dosen Pembimbing dan Guru Pamong" yang memaparkan berbagai aspek teknis pelaksanaan PPL, termasuk pengelolaan sistem berbasis Learning Management System (LMS), agar PPL dapat berjalan efisien dan terstruktur.

Acara ditutup dengan motivasi oleh Dekan FTK yang mendorong seluruh peserta untuk menjalankan tugas dengan dedikasi dan semangat tinggi.

“Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang kuat, kita akan mampu memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa kita melalui PPL. Mari kita jalani tugas ini dengan penuh semangat demi suksesnya program PPL 2024,” tutupnya.

Previous Post FDK UIN Alauddin dan Kemenag Sulsel Bahas Kerjasama Pelatihan Sertifikasi Bimbingan Haji
Next Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar