Gambar Raditya Dika Berbagi Tips Menulis di UIN

Raditya Dika Berbagi Tips Menulis di UIN

UIN Online - Artis sekaligus penulis jenaka bestseller, Raditya Dika, hadir pada acara talk show bertema Kreatif Menulis Rezki Tak Akan Habis di Auditorium kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Samata Gowa, Senin (26/3).
    
Kegiatan tersebut sebanyak 600-an peserta. Mulai dari anak SMA, termasuk guru, dan mahasiswa dari berbagai. Moment ini juga telah dinantikan penggemar Raditya Dika yang terkenal lewat buku-buku jenakanya yang menggelitik.
    
Raditya menjelaskan bahwa untuk kedua kalinya ia datang ke Makassar. Ia kemudian banyak bercerita dan berbagi trik dalam menulis. Terutama dengan banyolan-banyolan yang tidak henti-hentiknya membuat Auditorium bergemuruh.
    
"Komedi itu cerita tentang kejujuran. Beda dengan melawak. Komedi cuma cerita yang jujur namun membuat orang jadi tertawa. Kalau melawak, memang sengaja membuat orang mau tertawa,"kata Raditya
    
Ia membocorkan cara menulis komedi. "Saya berangkat dari hal-hal yang kecil dan mudah untuk ditelaah. Lalu jadikan sebagai tulisan, plus melalui observasi, imaginasi, dan contoh," ujarnya.
    
Selain berbagi cerita, Raditya Dika juga mengajak peserta menulis cerita lucu dalam acar itu. Cerita yang terpilih kemudian diminta untuk menceritakannya di depan peserta.
    
Dalam acara Talk Show tersebut, hadir Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin, Dr Natsir Siola MA, yang sekaligus membuka kegiatan Talk Show Raditya Dika.
    
"Awalnya, saya tidak percaya ketika panitia datang menyampaikan bahwa Raditya Dika dari Jakarta akan datang ke UIN. Tapi, ternyata hal tersebut terjawab hari ini. Raditya Dika datang ke UIN," kata PR III.(*)

Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2