Gambar Quraish Shihab Bicara Islam dan Kesehatan

Quraish Shihab Bicara Islam dan Kesehatan

UIN Online – Prof Dr HM Quraish Shihab  MA tampil sebagai pembicara dalam kuliah tamu yang digelar Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Senin (02/01/2012) di Gedung Auditorium Kampus II Samata Gowa. Quraish Shihab bicara tentang Islam dan Kesehatan.

Prof Dr HM Quraish Shihab  MA mengungkapkan bahwa sehat dalm bahasa arab diartikan bahwa terbebasnya fisik dan mental dari cela. Jika seseorang fisiknya baik tetapi dalam jiwanya ada cela, maka itu tidak sehat. “Jadi dikatakan sehat jika sehat fisik dan jiwa,”ujarnya.

Quraish Shihab menambahkan bahwa Islam lahir untuk memelihara lima hal. Kelima hal tersebut adalah agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta benda. “Mungkin ada yang bertanya kenapa hanya lima, kenapa tidak untuk menjaga jasmani, jawabannya adalah karena jasmani adalah suatu wadah, tanpa disebut pun sudah masuk,” ujarnya.

Kelima hal tersebut didukung oleh Islam, memelihara agama, memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara keturunan, dan memelihara harta benda sangat didukung oleh Islam, terlebih lagi memelihara jasmani yang menjadi wadah dari kelimanya itu.

Quraish Shihab juga mengungkapkan bahwa Nabi Muhammad Saw diutus oleh Allah Swt bukan untuk menjadi dokter fisik tetapi diutus untuk menjadi dokter jiwa. Di samping itu, Agama Islam sangat terbuka dalam hal pengobatan. Islam menganjurkan penelitian –penelitian tetapi harus digaris bawahi bahwa manusia harus dihormati.

Pria kelahiran Sidrap ini juga meluruskan makna berbagai hadist yang dikenal masyarakat seperti hadist tentang kebersihan yang berbunyi “Kebersihan adalah bagian dari iman.” Quraish Shihab mengungkapkan bahwa iman ada di dalam, kebersihan di luar, jadi yang benarnya adalah “Kebersihan itu dampak dari Iman,” ujarnya.

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik