Gambar Puskom Sosialisasi Siakad Online Bagi Dosen dan Pegawai

Puskom Sosialisasi Siakad Online Bagi Dosen dan Pegawai

UIN Online - Setelah melakukan sosialisasi di seluruh fakultas dan sosialisasi kepada mahasiswa, Pusat Informasi dan Komputer (Puskom) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali menggelar sosialisasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) online.  

Sosialisasi kali ini dikhususkan kepada dosen dan pegawai yang digelar di Ruang Rapat Senat Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus II Samata Gowa, Kamis  (05/01/2012).

Pembantu Rektor I Bidang Akademik UIN Alauddin, Prof Dr H Ahmad Sewang MA membuka langsung kegiatan sosialisasi ini. "Teknologi yang ada seharusnya memudahkan kita dalam melakukan proses kerja," ujarnya.

Kepala Puskom UIN Alauddin Ridwan A Kambau mengungkapkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai sistem informasi akademik online yang akan segera digunakan serta manfaat sistem online ini.

"Sistem informasi akademik online akan digunakan pada semester depan, jadi kami terus melakukan sosialisasi agar civitas akademika tahu tentang sistem ini," ujarnya.

Sistem informasi akademik online merupakan sistem online yang telah dilaunching beberapa waktu lalu. Sistem ini akan memberikan berbagai kemudahan bagi dosen maupun mahasiswa.

Dosen misalnya, dapat menginput nilai mahasiswa, menyetuji Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa, semuanya dilakukan secara online. Sedangkan bagi mahasiswa, dapat mengurus KRS secara online, mengecek nilai, dan berbagai keuntungan lainnya.

"Sosialisasi yang telah dilakukan di seluruh fakultas dianggap belum cukup sehingga digelar lagi sosialisasi yang dikhususkan kepada mahasiswa (digelar pekan lalu), dan khusus bagi dosen dan pegawai, yang digelar hari ini," ujar Ridwan A Kambau

Ridwan bahkan mengungkapkan bahwa berbagai macam bentuk sosialisasi ini masih dirasa belum cukup sehingga masih akan dilakukan berbagai hal untuk mensosialisasikan siakad online seperti dengan menyebar brosur serta memasan x-banner.

Di samping itu, pin portal dosen maupun mahasiswa akan segera diserahkan ke operator/ administrator akademik yang ada di fakultas, jadi mahasiswa atau dosen dapat meminta langsung pin di fakultasnya masing-masing.

Bayar SPP 09 Januari - 06 Februari 2012
Pembayaran SPP untuk semester depan akan mulai dibuka pada tanggal 09 Januari 2012 hingga 06 Februari 2012. Mahasiswa dapat langsung membayar SPP di Bank BNI terdekat. Setelah itu, melakukan konfrimasi dan mengisi KRS lewat portal akademik online.

"Tolong diingatkan mahasiswanya untuk tidak terlambat membayar SPP, karena jika sampai batas waktu yang ditentukan tetap tidak membayar SPP, maka sistem secara otomatis akan mendrop out mahasiswa yang bersangkutan," ujar Kepala Puskom UIN Alauddin Ridwan A Kambau.

Lebih lanjut Ridwan menambahkan bahwa sistem akademik online ini mengajak mahasiswa maupun dosen untuk disiplin. "Sistem ini kedengarannya kejam, tapi inilah sistem yang mengajak kita lebih disiplin, teratur, dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan," ujarnya. (*)

Previous Post Pemerintah Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan-Minuman di 3.000 Desa Wisata
Next Post Dosen Ilmu Falak UIN Alauddin Bawa Materi di Pelatihan Kepenulisan Media Insight