Gambar Pulang Kampung Bukan Budaya Tapi Fitrah

Pulang Kampung Bukan Budaya Tapi Fitrah

UIN Online - Fitrah seorang manusia adalah pasti kembali kepada masa di mana awal mula dia ada atau dilahirkan. Termasuk pada kembalinya manusia kepada sang pencipta. Dan termasuk pula kebiasaan pulang kampung halaman adalah fitrah.

Ha tersebut dikatakan Dr Mustari Mustafa SAg MPd ketika membawakan ceramah yang berjudul Hakikat Manusia. Di masjid Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Jumat (13/08/2011) malam.

"Kebiasaan pulang kampung seperti dikatakan kepada Quraish Syihab, bukan suatu budaya pada umat manusia ketika lebaran hendak tiba. Akan tetapi merupakan suatu fitrah di mana manusia hendak kembali di mana asal mula dia berada dan asal mula dia diciptakan (termasuk kepada Allah) ," papar dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini pada jamaah tarwih.

Olehnya itu, dia menambahkan sebelum kembali ke sang pencipta, Allah telah menyiapkan bulan suci Ramadhan untuk dijadikan sebagai ajang untuk latihan menahan diri.

Hakikat seorang manusia yakni memiliki berbagai mancam nafsu. Olehnya itu, dari 12 bulan, terdapat satu bulan yang istimewa untuk kembali menyucikan diri dari segala macam nafsu yang telah diperbuat. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik