Gambar Prof KH Nasaruddin Umar, Alumni UIN Alauddin Makassar Kini Jabat Menteri Agama RI

Prof KH Nasaruddin Umar, Alumni UIN Alauddin Makassar Kini Jabat Menteri Agama RI

UIN Alauddin Online – Prof. Nasaruddin Umar, Alumni UIN Aluddin Makassar resmi diangkat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia. Hal itu setelah dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara - Jakarta, Senin 21 Oktober 2024.

Nasaruddin Umar menyelesaikan studinya pada tahun 1980 dengan meraih Sarjana Muda, dan menjadi Sarjana Teladan pada 1984 di Fakultas Syariah IAIN Ujung Pandang (UIN Alauddin Makassar). 

Setelah selesai di UIN Alauddin Makassar, Nasaruddin Umar kemudian melanjutkan studi pascasarjana di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan memperkaya ilmunya melalui program doktoral di Universitas McGill, Kanada, serta Universitas Leiden, Belanda.

Selain prestasinya dalam bidang akademik, Nasaruddin Umar juga dikenal sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, sejak 2016, dan kembali dipercaya pada 2020 oleh Presiden Joko Widodo. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama pada 2011-2014, serta Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam pada 2006-2012.

Nasaruddin banyak menimba ilmu di pesantren sebelum melanjutkan pendidikan formal di perguruan tinggi. Dedikasinya terhadap pengembangan tafsir Al-Qur’an dan studi agama Islam, serta komitmennya terhadap dialog antaragama, menjadikannya sosok penting dalam upaya memperkuat toleransi di Indonesia.

Previous Post FSH UIN Alauddin dan Mahkamah Agung RI Menggelar Seminar Nasional dan Desiminasi Penyempurnaan KHES
Next Post Pusat Peradaban Islam LP2M UIN Alauddin Uji Publik Pedoman Kampus Peradaban