Gambar Prodi Kesmas UIN Alauddin Ikuti Bimtek Persiapan Akreditasi Laboratorium

Prodi Kesmas UIN Alauddin Ikuti Bimtek Persiapan Akreditasi Laboratorium

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Akreditasi  Laboratorium ISO 17025: 2017.

ISO /IEC 17025 versi 2017 sendiri memegang peranan penting dalam pemahaman dan dokumentasi sistem manajemen mutu sebuah laboratorium.

Tak hanya Kesmas, seluruh pengelola laboratorium bersama kepala laboratorium FKIK turut mengikuti Bimtek ini yang digelar selama dua hari, tepatnya pada 12 hingga 13 Oktober 2022.

Materi dibawakan oleh St Nur Insani yang merupakan konsultan berpengalaman di bidang sistem manajemen dan konsultasi dengan pemerintah kabupaten/kota. 

Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan pemahaman sistem manajemen mutu laboratorium dan level sistem dokumentasi, serta pengkajian dokumentasi sistem manajemen mutu laboratorium dalam upaya persiapan akreditasi laboratorium skala FKIK. 

Menurut salah seorang pengelola laboratorium Prodi Kesmas, Rini Jusriani, SKM M Kes yang juga menjadi peserta dengan tops score evaluasi bimtek, menyatakan kesan kegiatan ini  memberikan pemahaman yang berharga terkait persiapan akreditasi laboratorium.

"Sekarang kita sudah tau jenis dan bentuk dokumentasi yang dibutuhkan, utamanya terkait metode penanganan sampel uji laboratorium, hingga penataan rekam dokumen, serta audit internal dalam lingkup laboratorium," ujarnya.

Hasil informasi dari bimtek ini kemudian akan diteruskan ke level pimpinan prodi dan fakultas untuk pemetaan langkah lanjutan menuju akreditasi laboratorium terpadu FKIK.

Previous Post Kepala KUA Somba Opu Terima Langsung Mahasiswa PKL MBKM dari Prodi BSA
Next Post UIN Alauddin Makassar Seleksi Wawancara 1.307 Calon Penerima KIP Kuliah