Gambar Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Adakan Visitinh Lecturer dan Kuliah Tamu

Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Adakan Visitinh Lecturer dan Kuliah Tamu

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan Visiting Lecturer dan Kuliah Tamu Ilmu Perpustakaan bertajuk "Meningkatkan Literasi Mahasiswa di Era AI", di LT FAH, Jumat 18 Oktober 2024.

Visiting Lecturer dan Kuliah Tamu tersebut, dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan I FAH UIN Alauddin Makassar, Prof Muhammad Yusuf M Pd I.

Kegiatan yang merupakan implementasi kerjasama antara Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin dan Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) itu, menghadirkan dua narasumber yaitu Saenal Abidin SIP M Hum dari UIN Alauddin Makassar dan Madinatul Munawwarah SIP MA dari UNIMEN. 

Dalam pemaparan materinya, kedua narasumber menekankan pentingnya penguasaan literasi digital dan informasi.

"Pentingnya menguasai ilmu tersebut, terlebih dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan yang muncul akibat perkembangan pesat kecerdasan buatan (AI) di era modern ini," ucapnya.

Selain kedua narasumber, hadir pula Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNIMEN, Ismaya S IP M IP sebagai keynote speaker.
Ia mengatakan, literasi digital merupakan keterampilan esensial yang harus dimiliki mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja yang semakin dinamis. 

Touku Umar S Hum M IP selaku Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat. Ia berharap kegiatan ininawal menjadi kolaborasi yang lebih produktif antara UIN Alauddin Makassar dan UNIMEN, khususnya dalam meningkatkan kualitas akademik dan kemampuan literasi mahasiswa di era digital.

"Semoga kuliah tamu ini dapat memberikan wawasan dan keterampilan baru, bagi mahasiswa untuk lebih siap menyambut era digital yang semakin berkembang pesat," Ia mengakhiri.

Previous Post PSGA UIN Alauddin Makassar Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender Peringkat Madya
Next Post Biro AAKK UIN Alauddin dan Disnakertrans Sulsel Teken PKS, Kolaborasi Cetak Mahasiswa Siap Kerja