Gambar Prodi Aqidah dan Filsafat UIN Alauddin Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal

Prodi Aqidah dan Filsafat UIN Alauddin Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik, UIN Alauddin Makassar menggelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal dengan tema “Strategi Penulisan Artikel Jurnal Bidang Filsafat”, Kamis 15 Juli 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 di Lecture Theater (LT) Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik, dan daring via aplikasi Zoom Cloud Conference.

Dibuka secara resmi oleh Ketua Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Dr Muhaemin Latif M Th I dan dihadiri oleh sivitas akademika yang terdiri dari dosen serta mahasiswa-mahasiswi Prodi Aqidah dan Filsafat UIN Alauddin Makassar.

Workshop tersebut menghadirkan pemateri Dosen Filsafat Universitas Gajah Mada (UGM) yang juga pengelola Jurnal Filsafat UGM, Dr Reno Wikandaru M Phil.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Dr Muhaemin Latif menyatakan kegiatan ini bisa menjadi langkah awal bagi adik-adik mahasiswa untuk belajar penulisan artikel jurnal, skripsi, dan sebagainya.

Ia juga berharap para mahasiswa dapat mengasah kemampuan menulis artikel di jurnal-jurnal terakreditasi SINTA.

“Workshop ini merupakan ruang berbagi ilmu dan pengalaman baru bagi teman-teman mahasiswa prodi Aqidah dan Filsafat Islam dalam belajar menulis artikel jurnal yang kedepannya akan membantu mahasiswa dalam menunjang kemampuan menulis skripsi”, ungkapnya

Sementara itu, Dr Reno Wikandaru dalam paparannya pertama-tama membagi pengalaman terkait suka-duka bagi mahasiswa ketika ingin menulis artikel jurnal yang berbayar di berbagai website dan media.

“Untuk menulis jurnal dibutuhkan hard skill dan soft skill, yakni suatu Kemampuan menulis artikel atau manuskrip jurnal secara sistematis, koheren,dan memiliki kebaruan”, tuturnya

Ia juga mengungkapkan pentingnya bagi mahasiswa untuk memperkaya tulisan dan berani berpikir out of the box, agar tulisan yang diterbitkan menarik untuk dibaca oleh kalangan luas.

“Jika ingin memperluas atau memperkaya penulisan artikel jurnal di bidang filsafat, kita harus berani menulis yang berada di luar dari jalur akademik kita, misalnya menulis terkait dengan tema-tema politik, ekonomi, dan sebagainya”, tutupnya.

Previous Post HMJ PBI UIN Alauddin Akan Gelar English Camp
Next Post UKM LDK Al-Jami UIN Alauddin Gelar SPMB Kelas Jurnalistik dan Pelatihan Dai