Gambar Prodi Akuntansi UIN Alauddin PKM Nasional di Mamuju

Prodi Akuntansi UIN Alauddin PKM Nasional di Mamuju

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Nasional Berbasis Global di Mamuju, Sulawesi Barat pada 26 hingga 29 Juni 2024.

PKM yang diikuti oleh dosen, staf dan mahasiswa ini menggelar tiga agenda utama yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat setempat dalam pengelolaan keuangan dan menghadapi persaingan global. 

Agenda pertama yakni pendampingan pengelolaan keuangan wisata Pulau Karampuang menuju wisata mancanegara.

Fokus dari pendampingan ini untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan sehingga Pulau Karampuang dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara dan bersaing di tingkat global. Selain itu diadakan juga tandatangan MoA, pembuatan titik lokasi google maps, dan pembuatan akun Sosmed Instagram bagi pengelola.

Kedua, pengelolaan keuangan leluarga sakinah di Masjid Nurul Muttahida. Program ini diharapkan dapat membantu keluarga-keluarga di Mamuju mencapai kesejahteraan finansial dan hidup harmonis sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Terakhir, Focus Group Discussion (FGD) strategi pengelolaan UMKM dalam menghadapi persaingan global dalam perspektif islam di Pantai Tapandullu.

Diskusi ini juga membahas bagaimana prinsip-prinsip islam dapat diterapkan dalam praktik bisnis sehari-hari untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.

Ketua Prodi Akuntansi UIN Alauddin Makassar, Dr Lince Bulutoding SE M Si Ak CA menjelaskan, kegiatan PKM ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk berkontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan dan pendampingan.

"Dengan mengintegrasikan perspektif global dan nilai-nilai islam, kami berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Mamuju," tutur Ketua Prodi berharap.

Previous Post Ghina Mufidah, Mahasiswa PMH UIN Makassar Raih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an
Next Post Pimpin Apel Bulanan, WD ll FAH Ingatkan Sivitas Akademika Melek SISTER dan E-Kinerja