Gambar Prodi Akuntansi UIN Alauddin PKM International di Kampung Pemulung Savana

Prodi Akuntansi UIN Alauddin PKM International di Kampung Pemulung Savana

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Internasional di Kampung Pemulung, Savana, Kota Makassar pada Senin 23 September 2024. 

PKM International ini dihadiri oleh pimpinan Fakultas, dosen, mahasiswa, serta warga Kampung Savana setempat. Selain itu hadir pula Prof Dr Peter John Wanner dari Universitas Tohoku, Jepang sebagai narasumber utama. 

Dalam diskusinya, Prof Wanner membahas tema "Socialization of Sharia-Based Financial Reporting Cycle for Novice Entrepreneurs in Kampung Savana."

Pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pelaporan keuangan berbasis syariah, khususnya bagi para Pemulung di daerah tersebut, agar dapat memperbaiki perekonomian keluarga.

Sementara itu, Sekretaris Akuntansi, Dr Mustakim Muchlis SE M Si Ak menganggap bahwa warga di kampung Savana diharapkan bisa memulai usaha kecil-kecilan dengan pembuatan laporan keuangan sederhana agar keuangan rumah tangganya dapat dikontrol dengan baik.

"Kegiatan ini menjadi platform bagi kolaborasi antara akademisi dan masyarakat, memberikan bimbingan praktis serta wawasan yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal," terang Sekretaris Prodi Akuntansi.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sembako kepada masyarakat Kampung Pemulung. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pengetahuan finansial, tetapi juga memperkuat hubungan antara akademisi dan masyarakat, serta mendukung kesejahteraan lokal.

Previous Post UIN Alauddin Makassar Masuk 5 Besar PTKN Terbaik se-Indonesia Versi AD Scientific Index 2025
Next Post Tingkatkan Layanan dan Lingkungan Kerja, FAH UIN Makassar Gelar Rapat Pimpinan