Gambar Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Antar Sabara Jadi Doktor

Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Antar Sabara Jadi Doktor

UIN Online - Disertasi Soal Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah mengantar Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Gorontalo, Sabara Karim Ngou MPdi, meraih gelar doktor, Senin (06/03/2012) malam.

Desertasi Sabara Karim mendeskripsikan dan membahas tentang pentingnya kontribusi komite madrasah dan pengaruhnya terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango wilayah kerja kantor Kementrian Agama di Provinsi Gorontalo.

Untuk membahas secara objektif arah penelitian disertasi ini, penulis menfokuskan pembahasannya pada tiga sub rumusan masalah. Pertama bagaimana keadaan komite madrasah di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bulango.

Lalu kedua bagaimana kontribusi komite madrasa dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango? Dan ketiga  kendala-kendala apa saja yang dihadapi komite madrasah terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango serta bagaimana upaya pemecahannya?

Dengan menggunakan metode penelitian jenis deskriptif kualitatif dan pendekatan teologis normatif, pedagogik, sosiologis dan pendekatan strategik fungsional serta teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi; reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan dan dapat dinarasikan sebagai berikut. Pertama, keberadaan komite madrasah di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango sangat membantu pihak madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan secara multikompleks.

Keberadaan komite madrasah di MTs Hubulo benar-benar menjadi sosiol control serta memberikan pertimbangan, masukan dan rekomendasi seperti dalam pembuatan Rencana Anggaran Pendidikan dan Belanja Madrasah (RAPBM), criteria pengrekrutantenaga pendidikan dan peserrta didik baru, serta program-programlain yang bersifat ekstrakurikuler.

Kedua, konstribusi Komite Madrasah di MTs Hubulo ditunjukkan   melalui hal-hal sebagai berikut; (a) pengadaan fasilitas penunjang pembelajaran seperti gedung asrama, ruangan belajar, ruangan keterampilan, mesjid, aula, meja, kursi dan fasilitas lain yang mendesak digunakan untuk kelancaran pembelajaran; (b) pemberian honorarium tenaga pendidikan non-PNS; (c) pembinaan disiplin, pengembangan bakat dan minat serta  kreatifitas anak; (d) hal-hal lain yang dianggap membantu madrasah dalam meningkatkan mutu penddikan baik untuk kelancaran proses pembelajaran, aspek ketenagaan, kelembagaan, pembiayaan, sarana dan prasarana maupun aspek pengawasan.

Ketiga, kendala-kendala yang dihadapi komite madrasah terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bulango dapat bersifat internal maupun eksternal. Adapun faktor nternal antara lain,belum terciptanya  kerja sama yang harmonis antara sesama pengurus dengan pihak madrasah, belum optimalnya tingkat kesadaran social orang tua peserta didik dalam membantu pengembangan madrasah, belum bersinerginya kinerja seluruh pengurus komite madrasah.

"Solusi terhadap kendala internal tersebut adalah; melakukan dan meningkatkan kerja sama yang harmonis antara sesame pengurus dengan pihak madrasah, melakukan sosialisasi secra berkala terhadap orang tua peserta didik dan masyarakat tentang peranan, fungsi, dan tugas pokok komite madrasah, memotifasi seluruh pengurus komite meningkatkan kinerjanya dengan cara memberikan ruang gerak yang luas kepada komite madrasah dalam mengespresikan berbagai ide yang berhubungan dengan peningkatan kualitas madrasah," papar Sabara Karim Ngou.

Adapun kendala eksternal yang ditemukan oleh Karim seperti, minimnya tatap muka antar komite dengan pihak madrasah terutama dengan kepala madrasah dalam pembahasan program-programyang bersifat spontanitas atau hasil instruksi dari pejabat pendidikan.

Solusi yang ditempuh terhadap kendala tersebut diantaranya; mengintensifkan pertemuan dan hubungan komunikasi antar pihak komite dengan kepala madrasah untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan madrasah, melakukan sosialisasi secara berkala terhadap orang tua peserta didik dan masyarakat tentang peranan, fungsi, dan tugas pokok komite madrasah.

Baginya, komite madrasah memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango. Itulah sebabnya, komite perlu dioptimalkan agar konstribusi terhadap penyelenggaraan pendidikan di madrasah menunjukkan taraf yang maksimal. (*)

Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2