Gambar Penelitian Farmasi Diarahkan pada Pengembangan Teknologi

Penelitian Farmasi Diarahkan pada Pengembangan Teknologi

UIN Online – Penelitian mahasiswa farmasi UIN Alauddin Makassar saat ini semakin bervariasi dan lebih maju jika dibanding dengan penelitian-penelitian yang dilakukan mahasiswa sebelumnya.

Penilaian itu diungkapkan salah satu dosen farmasi UIN Alauddin, Isriani Ismail Ssi Apt, “Sekarang ini penelitian mahasiswa farmasi UIN sudah lebih maju dan lebih bervariasi.” Dan yang lebih penting kata Isriani,  penelitin mahasiswanya saat ini lebih diarahkan pada pengembangan teknologi.

Penelitian mahasiswa farmasi yang mengarah pada pengembangan teknologi misalnya dispersi padat, floating dan sedian lepas lambat.

Pengembangan teknologi farmasi dispersi padat adalah modifikasi sediaan farmasi yang memiliki daya larut sangat rendah, menjadi sediaan yang memiliki daya larut tinggi. Atau sediaan itu, mudah larut dalam seluran cerna sehingga memberikan efek yang lebih maksimal.

Selain dispersi padat, pengembangan sediaan farmasi yang telah dilakukan mahasiswa farmasi adalah floating tablet. Floating tablet merupakan pengembangan sediaan table sedian lepas lambat. Tablet floating memiliki keunggulan untuk bertahan lebih lama di saluran cerna dibanding dengan tablet biasa. Dengan demikian, obat dapat dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Menurut Isriani lagi, penelitian farmasi yang mengarah keteknologi merupakan penelitian yang baru, dan masih langkah dan masih jarang dilakukan dikalangan mahasiswa farmasi, utamanya pada kawasan timur Indonesia, tuturnya.

Ia pun berharap, kedepan mahasiswanya semakin tertarik meneliti pada bidang teknologi farmasi.  “Harapan saya, kedepanya mahasiswa farmasi UIN semakin banyak yang tertarik untuk melakukan penelitian dibidang teknologi farmasi, karena dengan melakukan penelitian dibidang teknologi farmasi ada banyak produk farmasi yang dapat dihasilkan utamanya produk-produk kosmetik.”
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2