Gambar Pelatihan TOAFL Pusat Bahasa UIN Alauddin Dihadiri Puluhan Mahasiswa BSA

Pelatihan TOAFL Pusat Bahasa UIN Alauddin Dihadiri Puluhan Mahasiswa BSA

UIN Alauddin Online - Puluhan mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) antusias menghadiri Pelatihan Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL) yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa UIN Alauddin, di Perpustakaan Syekh Yusuf, Kampus ll, Selasa, 24 September 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa, khususnya dalam persiapan menghadapi tes TOAFL yang menjadi salah satu syarat kelulusan dan studi lanjut di berbagai institusi pendidikan.

Dalam sambutannya, Ketua Pusat Bahasa, Prof St Azisah menyampaikan pentingnya pelatihan ini dalam meningkatkan daya saing mahasiswa di era global.

"Kemampuan bahasa Arab yang baik sangat dibutuhkan, tidak hanya dalam dunia akademik tetapi juga dalam karier di berbagai sektor," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan komprehensif tentang tes TOAFL, mulai dari tata cara pelaksanaan tes, jenis-jenis soal, hingga strategi menjawab soal dengan cepat dan tepat.

"Tes TOAFL menjadi standar pengukur kemampuan berbahasa Arab, dan melalui pelatihan ini, kami berharap mahasiswa bisa mempersiapkan diri dengan baik," jelasnya.

Para peserta, kata Prof Azisah mendapatkan materi dari para pengajar berpengalaman di bidang linguistik dan pengajaran bahasa Arab.

"Materi yang disampaikan meliputi tata bahasa, keterampilan mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Arab, serta simulasi tes TOAFL," ujarnya.

Salah satu peserta, Nila Sari Jr mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini, menurutnya pelatihan ini membantu mereka lebih memahami format soal TOAFL dan bagaimana cara menghadapinya.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut untuk membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan akademik dan profesional di masa depan.

"Semoga dengan pelatihan ini, kami bisa lebih siap dan percaya diri saat mengikuti ujian TOAFL yang sesungguhnya," pinta. mahasiswa BSA semester tujuh ini.

**Irham Sari

Previous Post UIN Alauddin Makassar Masuk 5 Besar PTKN Terbaik se-Indonesia Versi AD Scientific Index 2025
Next Post Tingkatkan Layanan dan Lingkungan Kerja, FAH UIN Makassar Gelar Rapat Pimpinan