Gambar Opsi PWK UIN Ajar Mahasiswa Survey Pemetaan

Opsi PWK UIN Ajar Mahasiswa Survey Pemetaan

UIN Online - Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) baru saja mengadakan Orientasi Pengenalan Profesi (Opsi) 2011 mulai tanggal 01-04 Desember 2011. Kegiatan Opsi tersebut berlangsung di Kabupaten Selayar.

Opsi tersebut berkaitan dengan tugas mata kuliah Pengantar PWK. Sebagai syarat untuk melulusi mata kuliah tersebut. Opsi sesungguhnya merupakan kegiatan keilmuan dirangkaikan dengan kegiatan keprofesionalan.

Sebanyak 73 mahasiswa baru dan 50-an panitia dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). HMJ kali ini bertindak sebagi pembimbing, cara survey, gambar peta, dan bagaimana pemgimput data serta mempresentasekan hasil survey lapangan mereka.

"Teorinya diperkenalkan di bangku kuliah sementara praktek lapangan dilaksanakn di lapangan," kata Ketua jurusan PWK, Jamaluddin Jahid ST M Si IAP ketika ditemui di ruangannya, Selasa (05/12/2011).

Sebelum mereka berangkat, sebelumnya telah diberikan pembekalan berkaitan denagn manajemne survey. Oleh alumni yang terdiri dari IKA PWK, Firdaus ST, Iyan Awaluddin ST, dan Hendra Sumarja ST.

"Hasil tugas besar mata kuliah Pengantar PWK akan dikembangkan kepada daerah survey mereka. Sehingga inilah bentuk pengabdian masyarakat mahasiswa PWK dalam rangka penyediaan data base dan peta desa,"katanya lebih lanjut yang bertugas sebagai dosen pengampuh di Opsi tersebut.

Sejak 2006 sampai 2010 Pemerintah Daerah (Pemda), lokasi survey merasa terbantu karena hasil yang diperoleh dijadikan dokumen Pemda atau desa.

"Data rill dala suatu desa terkadang susah untuk mereka temukan karena dalam bentuk sketsa tanpa skala. Hal tersebut kadang memicu konflik antar desa. Olehnya itu PWK yang memberikan datanya yang lengkap dan akurat,"tambahnya. (*)

Previous Post Jadi Narasumber FGD FKUB, Kaswad Dorong Regulasi Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama di Makassar
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik