Gambar Muhazzab Said Lulus dalam Doktor Ilmu Dakwah dan Komunikasi

Muhazzab Said Lulus dalam Doktor Ilmu Dakwah dan Komunikasi

UIN Online - Muhazzab Said lulus sebagai doktor dalam bidang Ilmu Dakwah dan Komuniksi. Gelar doktor diperoleh setelah menggelar promosi doktor di gedung Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Rabu (12/1) malam.
    
Muhazzab Said lulus setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul, Dakwah di Lembaga Pemasyarakatan (Studi Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Palopo). Ia lulus dengan indeks prestasi kumuliatif (IPK) 3,75 dan doktor ke-118 UIN Alauddin.
    
Dalam promosi doktor tersebut dipimpin oleh Prof Dr Natsir Mahmud. Dengan tim promotor, Prof Musafir Pabbabari, Prof Sattu Alang, co promotor Dr M Arfah Shiddiq.
    
Tim penguji, Prof Moh Natsir Mahmud, Dr Haji Muliaty Amin, Dr Abdul Pirol. Penguji eksternal, Prof Dr Andi Faisal Bakti MA dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
    
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui studi lapangan dan data sekunder melalui studi pustaka dengan teknik wawancara, kuisioner, observasi, dan dokumentasi.
    
Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi, sosiologi, dan komunikasi. Analisis yang digunakan secara kualitatif-deskriptif.
    
"Hasil penelitian berimplikasi pada kebutuhan sumber daya manusia di Lapas Palopo. Yang punya keterampilan khusus di bidang pembinaan agama karena menyangkut pencerahan umat," kata Muhazzab.
    
Karena itu ia merekomendasikan agar pimpinan Lapas Palopo dapat diperioritaskan penempatan sarjana agama dan atau sarjana psikologi sebagai tenaga dai tetap, demi tercapainya efektifitasnya dakwah dan sekaligus tercapainya tujuan pembinaan narapidana di lembaga pemasyarakatan Palopo.(*)

Previous Post HMJ Pendidikan Biologi UIN Alauddin Tunjang Kreativitas Melalui BIOFEST
Next Post Dr Muhajir HM Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude