Gambar Menteri Pertanian Perkenalkan Teknologi Baru Bertani ke Mahasiswa UIN Alauddin

Menteri Pertanian Perkenalkan Teknologi Baru Bertani ke Mahasiswa UIN Alauddin

UIN Online - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr Ir Amran Sulaiman memperkenalkan Teknologi baru bertani ke mahasiswa UIN Alauddin. Hal itu disampaikan Amran saat memberi materi Kuliah Umum di  Kampus II UIN, Kamis (19/09/2019).

"Kami ingin sinergi antara UIN Alauddin dengan Litbang pertanian, kenapa, kita ingin munculkan Pertanian 4.0 kepada generasi muda, jadi pertanian seperti ini kita gunakan teknologi tinggi, kita tanam menggunakan sistem remote control atau nomous tracktor bisa jalan sendiri itu arah kita kedepan," terangnya saat ditemui Reporter usai membawa Kuliah Umum.

Menurut, Menteri asal Kabupaten Bone itu, melalui teknologi baru yang diperkenalkan mampu mempercepat waktu panen. "Nanti hasilnya adalah ini bisa menekan biaya 20 hingga 50% kemudian waktu sampai 70% bahkan 80 %, dulu waktu tanam panen tiga hingga empat bulan bisa diselesaikan, sekarang kita bisa selesaikan dengan waktu lima jam," jelasnya.

Selain itu, Amran memberi bantuan 2000 ekor ayam bertelur etawa, 10 ekor kambing dan satu unit traktor seharga Rp 500 juta.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis menyambut baik kedatangan Menteri Pertanian. Menurut dia, kedatangan Amran Sulaiman sangat membantu mengaktifkan laboratorium peternakan yang dimiliki kampus yang dipimpinnya.

"Ini upaya momentum jalan terbaik untuk bisa kita mengaktifkan lahan peternakan yabg dimiliki UIN Alauddin Makassar seluas 6 Hektar hampir tujuh hektar yang selama ini belum berfungsi secara baik, dengan hadirnya Pak Menteri Pertanian memberikan bantuan 2000 ekor ayam kampung bertelur dan itu enam bulan kedepan akan menghasilkan telur hingga dua tahun dan ada juga 10 ekor kambing unggul, bibit etawa, akan ditambah dan itu sudah di acc, bahkan beliau tadik pengololah lahan langsung pengolahan pertanian dengan traktor," ujarnya.

Lebih lanjut, penulis buku "Melawan Takdir tersebut menjelaskan laboratorium peternakan akan membantu meningkatkan sentra bisnis dan produktivitas sebagai lembaga berbadan layanan umum.

"Itu kita akan jadikan laboratorium peternakan, laboratorium studi agrobisnis dan upaya meningkatkan sentra bisnis dan produktivitas kampus kita sebagai Universitas yang berbadan layanan umum, saya kira seperti itu," terangnya.

Previous Post Tingkatkan Mutu Pelayanan, Pimpinan FSH Gelar Rapat Koordinasi
Next Post Prodi SPI UIN Alauddin dan Penerbit Rajagrafindo Bahas Peningkatan Aksesibilitas materi sejarah