Gambar Manfaatkan Hasil Pertanian Setempat, Mahasiswa KKN Kerjasama Desa Balantang Buat Chili Powder dan Ch

Manfaatkan Hasil Pertanian Setempat, Mahasiswa KKN Kerjasama Desa Balantang Buat Chili Powder dan Ch

UIN Alauddin Online – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kerjasama UIN Alauddin Makassar, IAIN Palopo, IAIN Kendari dan IAIN Parepare bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Balantang lakukan praktik pembuatan cabai di Desa Balantang, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Jumat 11 Oktober 2024.

Intan Putri Ahmad selaku koordinator kegiatan mengatakan, tujuan utama diadakannya kegiatan tersebut ialah untuk memanfaatkan cabai hasil pertanian yang ada di green house Desa Balantang. Cabai-cabai yang didapatkan dari pertanian KWT, nantinya akan disebar dan dijual di pasaran sebagai produk chili oil dan chili powder.

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa pelatihan ini sejalan dengan tema KKN yakni “Pemberdayaan Masyarakat”. Dengan adanya pelatihan tersebut, pihaknya berharap masyarakat sekitar dapat menuangkan kreativitasnya menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual.

“Karena memang tujuan KKN kita pada kali ini itu adalah untuk pemberdayaan masyarakat yang dimana kami melihat adanya potensi yang ada di sini itu salah satunya adalah cabai,” ucapnya.

Salah satu anggota KWT, Dina, sebut ide yang diperkenalkan oleh mahasiswa KKN kerjasama sangat inovatif. Ia tersebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi, yang sebelumnya hanya dijual mentah di pasaran.

“Dengan adanya inovasi ini, cabai yang kami produksi kini bisa dijual dalam bentuk produk olahan seperti chili oil dan chili powder, yang memiliki nilai jual lebih tinggi,” Ia mengakhiri.

Previous Post Kepala KUA Somba Opu Terima Langsung Mahasiswa PKL MBKM dari Prodi BSA
Next Post UIN Alauddin Makassar Seleksi Wawancara 1.307 Calon Penerima KIP Kuliah