Gambar Mahasiswa UIN Makassar Dapat Penghargaan International dari Jaringan Investor Kroasia

Mahasiswa UIN Makassar Dapat Penghargaan International dari Jaringan Investor Kroasia

UIN Alauddin Online - Setelah mendapatkan medali perak pada ajang Kompetisi Inovasi Penemuan Internasional yang digelar Toronto International Society of Innovation and Advanced Skills (TISIAS) beberapa waktu lalu.

Edysul Isdar, Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali menorehkan prestasi Internasional.

Mahasiswa Angkatan 2019 itu mendapatkan, penghargaan khusus International atau International Special Award dari Jaringan Investor Kroasia.

Penghargaan itu didapatkan Edysul Isdar setelah mengkuti cabang lomba Inovation Project, Rabu 5 Agustus 2022 di Kanada. Kemudian dilanjutkan penilaian dari investor pada 27 Agustus 2022.

Dari situlah Edysul Isdar mendapatkan penghargaan tersebut. Hanya empat negara yang mendapatkan penghargaan itu diantaranya Malaysia, Polandia, Indonesia dan Angola.

Edysul Isdar satunya satunya mewakili Indonesia pada kompetisi itu yang diikuti 650 peserta dari 79 negara.

Inovasi yang digagas Edysul Isdar merupakan Energi terbarukan dan lingkungan yang berkelanjutan.

Dalam project ini, Isdar membawa inovasi Pembangkit Energi Listrik Alternatif dari Bakteri dan Limbah Industri Pabrik Gula dengan menggunakan Teknologi MFC.

Menurtunya, pembangkit listrik Alternatif terbuat dari ampas tebu industri pabrik gula dan bakteri selulotik sebagai katalis dari rumen/fases sapi.

Dimana digunakan ampas tebu dari industri pabrik gula dan bakteri selulotik sebagai katalis dari rumen/fases sapi. 

"Harapannya dengan penelitian ini dapat menjadi solusi di masa depan akan pemenuhan energi terbarukan di Indonesia," katanya saat dihubungi, Kamis (1/9/2022).

"Sekaligus sebagai bentuk peningkatan nilai ekonomis dari rumen sapi dan ampas tebu sehingga dapat menjadi bentuk pemberdayaan bagi masyarakat luas khususnya peternak sapi dan petani tebu," lanjutnya.

Atas prestasi itu, Isdar menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat beryukur bisa mengharumkan nama baik Indonesi khususnya UIN Alauddin Makassar di ranah Internasional.

"Tentunya sangat bersyukur dan sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang turut membantu, khusunya teman teman HMJ Fisika dan Wakil Dekan 3 FST, mengingat tahap awal mengikuti lomba cukup banyak kendala. Namun dengan doa dan dukungan semuanya dapat berjalan lancar hingga tahap final," pungkasnya.

Previous Post Pimpin Apel Bulanan, WD ll FAH Ingatkan Sivitas Akademika Melek SISTER dan E-Kinerja
Next Post Gelar Kuliah Umum, Prodi Ilmu Politik Hadirkan Praktisi KPU dan Bawaslu Gowa