Gambar Mahasiswa Tafsir UIN Adakan Pelatihan Takhrij Hadis

Mahasiswa Tafsir UIN Adakan Pelatihan Takhrij Hadis

UIN Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan pelatihan takhrij hadis, Senin (19/12/2011).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Muh Asriadi, kegiatan ini diadakan dengan tujuan sebgai perkenalan kepada mahasiswa untuk memahami hadis melalui kitab sumbernya. Pelatihan yang diikuti 115 peserta ini diadakan di ruangan LT  Fakultas Ushuluddin.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa mampu memahami hadis bukan hanya sekedar teksnya saja tapi mahasiswa mampu mengetahui hadis langsung dari sumbernya dan bisa mengaplikaskannya langsung kekehidupan sehari-harinya," harap mahasiswa semester tiga ini.

Kegiatan yang merupakan program kerja HMJ ini dibawakan oleh dua pemateri. Kedua pemateri tersebut adalah Pembantu dekan bagian akademik fakultas ushuluddin dan filsafat, Drs Tasming Tanggareng M Ag dengan materi metodologi takhirij al-hadi dan dosen Pembina tafsir hadis khusus, Abdul Gaffar M Th I dengan materi mengenal hadis dalam kitab-kitab sumbernya.

Pelatihan yang diikuti 115 peserta ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Prof Dr H Arifuddin Ahmad MAg.

Dalam sambutannya mengatakan bahwa, ia sangat mendukung kegiatan mahasiswa yang menyangkut dengan jurusan mereka. "Saya juga berharap dengan adanya pelatihan ini, bisa melahirkan sebuah buku yang menyangkut hadis," kata Arifuddin Ahmad. (*)

Previous Post Sekjen Kemenag RI Kukuhkan Tujuh Pejabat Fungsional SDM UIN Alauddin Makassar
Next Post Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Benchmarking ke UIN Siber Syekh Nurjati, Perkuat Sinergi PJJ