Gambar Mahasiswa Peradilan Agama UIN Alauddin Adakan Worshop Tiga Hari

Mahasiswa Peradilan Agama UIN Alauddin Adakan Worshop Tiga Hari

UIN Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Peradilan Agama Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, menggelar workshop selama tiga hari di gedung Lecture Theatre FSH Makassar, Jumat-Minggu (11-13/5/2012).

Workshop tersebut mengangkat tema Wujud dan Peran Peradilan Agama dalam Penegakan Supremasi Hukum di Indonesia. Di worshop tersebut mereka menyajikan materi mulai dari cara pembuatan gugatan sampai keputusan di pengadilan.

Hadir pemateri Ketua Hakim Muda Pengadilan Tinggi Agama Makassar, advokat, akademisi, atau dari Peradilan Agama. Kegiatan ini dihadiri mahasiswa hukum dari berbagai universitas. Bahkan ada dari STAI DDI Mangkoso yang mengirimkan delegasinya.

Menurut ketua HMJ PA, Syahrul Affandi, workshop ini bertujuan untuk mewujudkan implementasi diri untuk melaksanakn  program kerja. Sekaligus berharap, outputnya bisa diterapkan oleh penegak hukum.

“Selain itu, kita juga melihat belakangan ini supremasi hukum di tanah air banyak menuai sorotan. Makanya sebagai mahasiswa kami berusaha menjawabnya dengan cara melaksanakan workshop,” ujarnya.

Sementara itu Pembantu Dekan III FSH UIN Alauddin Makassar, Drs Mukhtar Lutfi, memaparkan, sekarang ini mahasiswa wajib mengetahui bahwa institusi banyak yang tidak kredibel.

“Itu dilihat dari penegak hukum yang banyak terkontaminasi untuk tidak menegakkan supremasi hukum yang benar. Olehnya itu, saatnya mahasiswa mewujudkannya nilai-nilai Al-Qur’an dan hadis di negara Indonesia,” ujar Mukhtar Lutfi. (*)
 

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik