UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar melakukan analisis pengelolaan pembelajaran di lingkungan sekolah sebagai wujud implementasi project-based learning, mahasiswa.
Pada kegiatan tersebut, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 6-7 orang. Mereka diarahkan untuk mewawancarai guru serta melakukan observasi di beberapa sekolah.
Kelompok 2 misalnya, mereka melakukan wawancara dan obseravasi di SD Inpres Maccini Baru, Kota Makassar mengenai siswa yang berkebutuhan khusus.
Mereka menanyakan kepada guru tentang definisi dari anak berkebutuhan khusus, jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus, strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.
Selain itu, bagaimana manajemen pendidikan inklusif di kelas oleh guru, serta tantangan dan hambatan dalam pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus tersebut.
Sementara itu, Kelompok 1 melakukan analisis mengenai manajemen pengelolaan kelas, kelompok 3 penilaian dalam pembelajaran, serta Kelompok 4 melakukan observasi mengenai profesionalisme guru.
Sekadar diketahui, Project-based learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
Model pembelajaran ini bermanfaat untuk membuat peserta didik lebih aktif serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari ruang kelas, meningkatkan kolaborasi, serta tak kalah penting mengembangkan soft skill.