Gambar Mahasiswa KKN-PLP UIN Alauddin Beri Pembelajaran Bahasa Asing di MAN Manggarai Barat

Mahasiswa KKN-PLP UIN Alauddin Beri Pembelajaran Bahasa Asing di MAN Manggarai Barat

UIN Alauddin Online - Mahasiswa KKN-PLP Terintegrasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar melaksanakan pendampingan bahasa Arab dan bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Manggarai Barat pada Selasa 9 September 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing peserta didik, serta memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam dunia pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga kali pertemuan yang melibatkan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pendidikan bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Para mahasiswa memberikan pendampingan intensif melalui metode belajar seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, serta pendekatan komunikasi langsung.

“Pendampingan ini dilaksanakan agar dapat membantu peserta didik MAN Manggarai Barat lebih percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing dan memotivasi mereka untuk belajar lebih giat,” ujar Nabila Zamhir, salah satu pendamping bahasa Inggris.

Salah satu peserta didik MAN Manggarai Barat Alya Wardani, merasa antusias mengikuti kegiatan ini. Ia mengaku mudah menyerap pelajaran dengan cara variatif dan interaktif yang diberikan oleh para mahasiswa. 

"Saya merasa lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris dan juga semakin tertarik untuk mempelajari bahasa Arab," tuturnya.

Program ini juga didukung penuh oleh pihak sekolah yang melihat pentingnya penguasaan bahasa asing dalam menghadapi tantangan global. 

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MAN Manggarai Barat, Sallahudin S Pd mengapresiasi kegiatan pendampingan ini. 

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi para peserta didik kami. Semoga pendampingan ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” katanya berharap.

Previous Post FDK UIN Alauddin dan Kemenag Sulsel Bahas Kerjasama Pelatihan Sertifikasi Bimbingan Haji
Next Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar