Gambar Mahasiswa KKN Diminta Benahi Mental Diri Terlebih Dahulu

Mahasiswa KKN Diminta Benahi Mental Diri Terlebih Dahulu

UIN Online - Sebelum mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 47 Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, diterjunkan ke lokasi KKN, mereka diminta terlebih dahulu membenahi diri sebelum melakukan pembenahan kepada orang lain atau masyarakat.

Permintaan tersebut diungkapkan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Dr Muh Khalifah Mustami ketika membawakan materi Pembinaan Mental Generasi Muda pada pembekalan yang berlangsung di gedung Lecture Centre (LT) umum, Jumat (24/02/2012).

"Jika menemukan sesuatu yang bertentangan pada perilaku pemuda mestinya diadakan pembenahan mental. Namun, sebelum melakukan pembenahan tersebut, lakukan pada diri sendiri terlebih dahulu. Karena kalian hanya dikenal mahaisiswa UIN, jaga itu Islam-nya,"kata Dr Khalifah.

Ia memaparkan berbagai macam teori yang berkaitan dengan kesehatan mental masyarakat. Mulai dari pemaparan difenisinya secara detail, ciri-cirinya, cara penanganannya, dan faktor-faktor penyebabnya.

Selain itu, ia juga menekankan agar aturan atau tradisi yang telah tertanam kuat di masyarakat mestinya tidak serta merta dilabrak. Sekalipun itu melanggar akidah.

"Jangan sampai melihat kebiasaan warga yang bertentangan dengan akidah atau agama, termasuk pada perilaku pemuda desa jaga serta merta langsung mengatakan itu salah. Butuh pemahaman yang kuat sebelum mengatakan itu salah atau tidak," tambahnya. (*)

Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2