Gambar Mahasiswa KKL Falak UIN Alauddin Gandeng Kemenag Pangkep Verifikasi Arah Kiblat

Mahasiswa KKL Falak UIN Alauddin Gandeng Kemenag Pangkep Verifikasi Arah Kiblat

UIN Alauddin Online - Dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Falak, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Falak melakukan verifikasi Arah kiblat bersama dengan Kemenag Pangkep di Mushollah Madrasah Nurul Ilmi dan Ulul Albab, Desa Padanglampe pada Jumat, 13 Januari 2023.

Dalam poses pengukuran, Sudirman S Ag selaku pemilik Mushollah Nurul Ilmi dan Rahman selaku Imam Masjid di Ulul Albab menyambut baik kegiatan tersebut.

Sudirman mengatakan bahwa hal tersebut diperlukan dalam memaksimalkan beribadah. Hasil verifikasi arah kiblat pada Mushollah Nurul Ilmi didapati melenceng 5° dari arah kiblat. Sedangkan Mushollah Ulul Albab arah kiblatnya sesuai.

Sitti Raodatul Jannah salah seorang peserta KKL Falak asal Pangkep mengatakan bahwa kegiatan KKL tersebut memberi banyak tantangan, pengalaman serta pengetahuan tambahan.

“Kegiatan ini menambah pengetahuan saya pada saat praktik, sekaligus tantangan bagi saya karena harus berhadapan langsung dengan masyarakat tentunya harus berhati-hati dalam melakukan pengukuran," katanya.

"Pengukuran ini di dampingi oleh pegawai Kemenag bagian Bimas yang mengajarkan saya ilmu baru tentang arah kiblat," paparnya.

Kegiatan KKL Falak ini tidak hanya membawa pengaruh besar kepada masyarakat awam, akan tetapi juga berhasil memperkenalkan Prodi Ilmu Falak secara tidak langsung.

Previous Post Biro AAKK UIN Alauddin dan Disnakertrans Sulsel Teken PKS, Kolaborasi Cetak Mahasiswa Siap Kerja
Next Post Bahas Peran Kelapa Sawit Bagi Indonesia, Antarkan Ketua HMJ Ilmu Falak Raih Juara 2 Lomba Essay