Gambar Mahasiswa Jurnalistik UIN Belajar ke Tribun Timur

Mahasiswa Jurnalistik UIN Belajar ke Tribun Timur

UIN Online – Mahasiswa Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, mengadakan kunjungan ke Tribun Timur, Makassar, Sabtu (14/5/2011). Kunjungan ke redaksi Tribun di bilangan Jalan Cenderawasih ini diikuti belasan mahasiswa jurnalistik.

Kunjungan tersebut merupakan tugas lapangan mata kuliah manajemen penerbitan surat kabar yang dibawakan oleh Drs Asnawin MSi. Mahasiswa diterima di ruangan rapat tribun timur oleh Amir PR manajer tribun timur online.

Amir menjelaskan tentang tiga identitas tribun timur. Ketiga identitas tersebut adalah, elektronik I Peaper, Koran, dan portal. "I paper terbit persis sama dengan terbitan koran hanya saja I paper terbit pukul 12.00 sementara berita-berita portal beritanya agak lebih pendek dibanding terbitan di koran," jelasnya.

Lanjutnya, Tribun Timur hadir di hadapan pembaca sejak 19 Februari 2004 dengan menerapkan co-creations yang merupakan ilmu baru di jurnalistik yang mencari informasi dari sisi berbeda. Seperti saat ini tribun timur menggunakan citizen reporter dan jejaring sosial seperti facebook (FB) dan twitter.

“Saat ini tidak semua wartawan tahu segalanya. Bukan lagi wartawan yang pertama kali tahu informasi dan wartawan tidak lagi tahu selera pembaca karena berbagai macam keinginan dan selera pembaca dalam melihat satu sudut pandang," ujarnya.

Menurut salah seorang mahasiswa jurnalistik, Jumriani, kunjungan kali ini dinilainya sangat bagus karena mendapat pengetahuan baru tentang perkembangan jurnalistik. "Hanya saja saya merasa kurang puas karena kami tidak sempat berkunjung ke redaksi lantaran kami datang pada saat hari Sabtu yang banyak wartawannya mengambil libur," pungkasnya. (*)
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik