Gambar Mahasiswa Jurnalistik Gelar Workshop Mobile Jurnalism, Hadirkan Jurnalis TV One

Mahasiswa Jurnalistik Gelar Workshop Mobile Jurnalism, Hadirkan Jurnalis TV One

UIN Alauddin Online - Mahasiswa Jurnalistik, Angkatan 2019 Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar menghadirkan pembicara Jurnalis TV One Makassar, Syamsul Ma’arif pada kegiatan Workshop Mobile Journalism di Warkop Kopi Daeng, Jalan Alauddin Pabaeng-baeng, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Mobile Jurnalism Memaksimalkan Liputan” ini kata Syamsul Ma’arif dalam materinya, dapat mempermudah peliputan jurnalis kedepan.

Salah satu kelebihan mobile journalism lanjut dia, seorang jurnalis tidak lagi harus menenteng kamera besar karena fungsinya sudah ada di smarphone.

"Tidak lagi perlu menggunakan laptop untuk proses editing karena proses editing juga bisa dilakukan melalui smartphone," urainya.

Namun menurutnya yang menjadi tantangan saat ini adalah bagaimana membedakan perlakuan antara penggunaan smartphone untuk media sosial dengan kepentingan produk-produk jurnalis.

"Misalnya dengan mengikuti trend media sosial saat ini namun tetap memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik," ucapnya.

Tak sampai disitu, ia menceritakan, jika dulunya untuk melakukan sebuah proses siaran langsung dari lokasi membutuhkan minimal tiga orang kru. 

"Kini dengan kecanggihan smartphone kita bisa melakukan siaran langsung hanya dengan satu orang. Ini adalah kelebihan dari mobile journalism dan kedepannya kerja-kerja jurnalis lapangan akan mengarah kesana," pungkasnya menjelaskan.

Previous Post Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru
Next Post 569 Dinyatakan Lulus SNBP UIN Alauddin, Prodi Kedokteran Paling Diminati