Gambar Mahasiswa Farmasi Buat Teh dari Rambut Jagung

Mahasiswa Farmasi Buat Teh dari Rambut Jagung

UIN Online – Mungkin di kalangan masyarakat pada umumnya bahwa rambut jagung adalah barang yang dianggap sampah dan sama sekali tidak berguna. Juga biasa digunakan oleh anak-anak untuk bermain.

Tapi hal tersebut berbeda dengan persepsi mahasiswa Farmasi angkatan 2008 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Rambut jagung yang tadinya dianggap tidak bermanfaat diolah menjadi teh yang memiliki banyak khasiat.

Salah seorang formulator (perancang) teh rambut jagung ini, Muhammad Maqbul ketika ditemui reporter UIN Online mengungkapkan berbagai macam khasiat yang dikandung rambut jagung. “rambut jagung itu berkhasiat untuk mengatasi batu empedu, batu ginjal, radang kandung empedu, sirosis (kelainan pada fungsi hati), dan tekanan darah tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut Maqbul mengungkapkan bahwa salah satu kandungan dari rambut jagung sehingga berkhasiat adalah senyawa flavonoid. “jadi rambut jagung itu memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berkhasiat meluruhkan  batu empedu,” ujar mahasiswa semester VI ini.

Teh rambut jagung ini merupakan salah satu dari sekian banyak produk yang dipamerkan mahasiswa Farmasi angkatan 2008 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang digelar di lapangan bola kampus II Samata Gowa, Rabu (18/05/2011). (*)
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik