Gambar Mahasiswa BPI UIN Alauddin Belajar Rehabilitasi Sosial Anak di UPT PRSSA Inang Matutu

Mahasiswa BPI UIN Alauddin Belajar Rehabilitasi Sosial Anak di UPT PRSSA Inang Matutu

UIN Alauddin Online - Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktikum Teknik Komseling (PTK) Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar melakukan kunjungan ke UPT Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Anak (PRSSA) Inang Matutu pada Kamis 24 Oktober 2024.

UPT PRSSA Inang Matutu berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan merupakan pusat pelayanan rehabilitasi sosial anak.

Lembaga ini menyelenggarakan kegiatan rehabilitasi dan pembinaan yang berfokus pada anak-anak penerima manfaat usia 0 hingga 5 tahu.

Sasarannya adalah anak yang tidak mengidap penyakit menular, berasal dari keluarga kurang mampu, anak yang mengalami gangguan psikologis seperti autis ringan, lambat bicara, hiperaktif, tantrum, tidak fokus dan permasalahan tumbuh kembang lainnya, serta anak yang mengalamai keterlantaran pengasuhan.

Para mahasiswa diajak untuk berdiskusi dengan staf UPT terkait tantangan dan strategi dalam melaksanakan layanan ini. 

Mereka mendapat kesempatan untuk melihat langsung beberapa fasilitas yang digunakan dalam proses rehabilitasi, serta mempelajari sistem kerja pelayanan sosial yang diterapkan di UPT PRSSA. 

Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam kunjungan ini adalah inovasi layanan terbaru dari UPT PRSSA, yaitu Manjain Si Imut (Manajemen Layanan Informasi Satu Pintu).

Program ini dirancang untuk mempercepat dan mempermudah akses informasi bagi masyarakat terkait pelayanan rehabilitasi sosial anak yang tersedia di Inang Matutu.

Kunjungan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga kepada mahasiswa tentang praktik pelayanan sosial, khususnya dalam menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus. 

"Ini membuka wawasan kami tentang bagaimana pentingnya peran pemerintah dalam memberikan perlindungan dan layanan rehabilitasi bagi anak-anak yang membutuhkan,"

UPT PRSSA Inang Matutu menyambut baik kegiatan ini. Mereka berharap Kegiatan ini dapat memperkaya pengalaman praktis para mahasiswa di bidangnya. 

Previous Post Seminar Nasional KSEI FORKEIS Bahas Literasi Keuangan Islam dan Transformasi Digital
Next Post FSH UIN Alauddin dan Mahkamah Agung RI Menggelar Seminar Nasional dan Desiminasi Penyempurnaan KHES