Gambar Laboratorium Farmasi UIN Punya HPLC

Laboratorium Farmasi UIN Punya HPLC

UIN Online - Prodi Farmasi UIN Alauddin Makassar saat ini telah memiliki satu alat laboratorium canggih yang belum dimiliki perguruan tinggi manapun di kawasan Indonesia bagian timur. Alat itu adalah performa tinggi kromatografi cair atau tekanan tinggi kromatografi cair (HPLC).

"Sekarang ini Farmasi UIN patut berbangga. Pasalnya telah memiliki HPLC dan ini merupakan satu-satunya HPLC yang ada di kawasan timur Indonesia," kata ketua prodi farmasi Gemy Nastiti Handayani SSi MSi Apt, Selasa (05/10/2010).

HPLC merupakan alat laboratorium farmasi yang digunakan untuk melakukan kromatografi teknik untuk memisahkan campuran senyawa. Alat ini digunakan dalam biokimia dan kimia analitik untuk mengidentifikasi, mengukur, dan memurnikan masing-masing komponen campuran.

"Tidak hanya HPLC, kami juga memiliki alat laboratorium canggih lain yakni spektrofotometer. Alat ini untuk mengukur transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang," tambah ibu dua anak ini.

Alat lainnya adalah Spektrofotometer Serapan Atom (AAS). Yaitu alat yang digunakan pada metode analisis untuk penentuan unsur-unsur logam dan metaloid berdasarkan pada penyerapan radiasi oleh atom bebas.

Selain HPLC, AAS dan spektrofotometer, laboratorium farmasi UIN juga telah dilengkapi dengan mesin pencetak tablet atau yang dikenal dengan tableting machine. Dilengkapi dengan lima alat penguji tablet.

"Dengan semakin lengkapnya alat-alat laboratorium farmasi UIN saya berharap tak lama lagi Farmasi UIN akan membuka program profesi dan memperoleh nilai akreditasi yang lebih baik lagi," harapnya. (*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2