Gambar Kuliah Umum Prodi PIAUD Hadirkan Pemateri dari Malaysia

Kuliah Umum Prodi PIAUD Hadirkan Pemateri dari Malaysia

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK)  selenggarakan Kuliah Umum berlangsung di Ruang Senat FTK, Senin, 9 September 2024.

Kegiatan dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru yang Multiliterasi dan Berdaya Saing Global,” tersebut menghadirkan narasumber dari Pengelola Taska Ang Port Dickson Malaysia, Siti Salina. Ia menyampaikan materi melalui aplikasi Zoom Meeting.

Pemateri asal Jiran Malaysia, Siti Salina dalam pemaparannya menjelaskan bahwa guru merupakan insan yang sangat mulia, yang berperan mewujudkan generasi yang selamat, seronok dan sehat, etika dan empati, jati diri, adab, harmoni, tekun, teliti dan terampil, explorasi, rasional, dan artikulasi (Sejahtera).

“Guru berperan mewujudkan pembelajaran Sejahtera di dalam dan luar kelas untuk dijadikan amalan dalam kehidupan murid,” jelasnya

Ia menerangkan bahwa guru mempunyai pengaruh besar kepada anak-anak dan tingkah lakunya.

“Jika cekgu minum berdiri maka anak-anak juga akan minum berdiri dan jika cekgu makan sambil bercakap anak-anak pun akan ikut,” tambahnya.

Siti mengatakan penilaian dan penaksiran sangat penting digunakan untuk memberikan pemahaman dalam menyaring masalah perkembangan awal anak-anak.

“Dengan menggunakan penilaian dan penaksiran, guru dapat memastikan bahwa kanak-kanak berkembang secara optimum,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua HMJ Piaud, Elfi Novianti berharap agar metode pembelajaran yang disampaikan mampu diadopsi di Indonesia karena sangat inovatif dan kreatif.

“Berharap untuk metode pengajaran yang inovatif ini dapat diadopsi lebih luas di Indonesia,” ujarnya

Diketahui, kegiatan ini melibatkan 14 Prodi PIAUD yang ada di berbagai universitas di wilayah Indonsia timur.

Previous Post FDK UIN Alauddin dan Kemenag Sulsel Bahas Kerjasama Pelatihan Sertifikasi Bimbingan Haji
Next Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar