Gambar Kuliah Umum; Politik dalam Perspektif Keilmuan

Kuliah Umum; Politik dalam Perspektif Keilmuan

UIN Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, Fakulas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, mengadakan kuliah umum "Memahami Ilmu Politik Integrasi Keilmuan". Kegiatan ini digelar di fakultas ushuluddin, Rabu (10/11/2010).

Pembicara pada stadium general tersebut adalah Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Politik dan Pemerintahan Unhas, Prof Dr Muh Kautsar Bailusy MA. Prof Kautsar membahas tentang peran ilmu politik dan kerancuannya dengan pemahaman yang sempit. Ia mencontohkan bentuk demonstrasi yang merupakan bagian dari politik.

"Demonstrasi dengan membakar ban dan menutup jalan bukan suatu demonstrasi tapi anarkisme. Demonstrasi adalah penyampaian pendapat kepada pihak terkait secara teratur dan tertib. Tanpa mengganggu kepentingan orang lain," terang Prof Kautsar.

Lebih lanjut, Prof Kautsar menjelaskan ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisa sistem politik dan perilaku politik. Inti dari ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Prof Dr H Musafir MSi, menegaskan keilmuan politik yang dipelajari UIN dan di luar terletak pada epistemologi (proses) ilmunya. Sebab, khusus pembelajaran ilmu politik di UIN Alauddin mengacu pada filsafat dan tentunya Al-Quran dan Hadits.

Kegiatan ini untuk pertama kalinya digelar di fakultas ushuluddin dan kuliah ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Ilmu Politik UIN.

"Kegiatan ini sengaja diselenggarakan agar mahasiswa Ilmu politik mendapat pemahaman politik yang ada selain yang kita dapatkan di UIN," ungkap Ketua HMJ Ilmu Politik UIN, Husma Husain. (*)
Previous Post Indosat Ooredoo Gelar Audiensi di UIN Alauddin Makassar Bahas IM3 Corner untuk Kewirausahaan Mahasis
Next Post Perpustakaan Syekh Yusuf UIN Alauddin Makassar Gelar Program Pendidikan Pemustaka untuk Maba