Gambar KSR Akan Gelar Workshop Dan Simulasi Bencana Gempa

KSR Akan Gelar Workshop Dan Simulasi Bencana Gempa

UIN Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Unit 107 UIN Alauddin akan mengadakan workshop dan simulasi bencana gempa. Acara akan diadakan di gedung LT Kampus II UIN, Samata, Gowa.

Menurut salah seorang anggota KSR UIN Alauddin, Agus, kepada UIN Online, Rabu (25/5/2011), kegiatan tersebut bakal berlangsung selama dua hari. Kemudian bakal melalui dua tahap yakni workshop dan simulasi bencana gempa.

"Untuk workshop kita adakan pada tanggal 1 Juni di gedung LT UIN Alauddin, sementara seimulasi bencana gempa kita adakan tanggal 2 Juni 2011 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)," kata Agus.

Peserta akan diberikan materi-materi tentang siaga bencana alam. Sementara itu untuk simulasi bencana gempa, peserta diberi pelatihan langsung bagaimana menanggapi jika terjadi gempa.

Lanjut Agus, peserta akan praktik langsung seolah-olah terjadi gempa di PKM dan bagaimana peserta menangani korban akibat gempa. Karena selama ini jika terjadi gempa kebanyakan orang merasa panik.

Workshop kali ini dihadiri oleh tiga orang pemateri. ketiga pemateri itu adalah Rektor UIN Alauddin Makassar dengan judul materi peran birokrasi dalam penanggulangan bencana, Ketua PMI Cabang Makassar dengan materi manajemen penanggulangan bancana gempa dan kepala BMKG dengan materi bahaya bencana di Indonesia.

Bagi yang berminat mengikuti workshop dan simulasi bencana gempa, peserta hanya dibebankan membayar biaya registrasi sebesar Rp 10 ribu. (*)
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik