Gambar Ketua MUI Jeneponto Raih Gelar Doktor

Ketua MUI Jeneponto Raih Gelar Doktor

UIN Online - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jeneponto, Drs H Jumatang Rate MA berhasil meraih gelar doktor dari Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa (06/07/2011) malam.

Di hadapan para promotor dan tim penguji  yang berlangsung di gedung PPs UIN Alauddin Makassar, Jumatang Rate mempertahankan disertasinya yang berjudul Hari Akhirat Dampak dan Implikasinya Terhadap Perilaku Manusia Menurut Al-Qur’an, meski dengan beberapa catatan.

Para promotor dan penguji terdiri dari Prof Dr Minhajuddin MA, Prof Dr Rusdi Halik MA, Dr H Kamaluddin Abunawas M Ag, Prof Dr H M Galib MMA, dan co promotor Dr H Mustamin M Arsyad MA. Penguji eksternal yaitu Prof Dr Ahmad Thib Raya MA selaku guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pokok permasalahan isi disertasi Jumatang Rate adalah bagaimana konsep Al-Qur’an tentang hari akhirat dan implikasinya terhadap perilaku manusia. Berangkat dari permasalahn tersebut diperlukan penjabaran dalam bentuk sub-sub masalah sebagai berikut.

Makna-makna yang dapat dipahami dan dirumuskan dari konsep Al-Qur’an tentang hari akhirat dampak dan implikasinya terhadap perilaku manusia.

Argumentasi dan analogi manusia yang tidak beriman kepada hari akhirat. Respon Al-Qur’an terhadap sikap orang yang tidak beriman kepada hari akhirat, dan dampak dan implikasi imam terhadap hari akhirat terhadap perilaku manusia menurut Al-Qur’an.

Metode yang digunakan adalah metode tematik corak penelitian yang normatif kualitatif, serta analisis tematik yang komperhensif dengan teknik-teknik interpretasi aqidah akhlak, linguistic, dan historis.

Yang menjadi objek penelitian adalah ayat-ayat al_Qur’an yang berkenaan al-yaum al-akhir (hari akhir). Konsep-konsep yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut diperoleh dengan menelaah secara sistematis dengan meggunakan al-ma’jam al Mufahras li Alfaz al-Qur’an al-karim.

Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa dari 26 kali digunakan kata al-yaum al-akhir (hari akhir) pada 26 ayat di 13 surah, diperoleh kesimpulan bahwa iman pada hari akhirat adalah salah satu rukun iman dan pokok kebajikan implikasi kepada perilaku manusia individu yang beriman.

Adapun keimaman sebagai ikutan kepada rasul, ketaaatan kepada Allah, pendekatan diri kepada Allah, indikator kesalehan seseorang berjuang tanpa pamrih, menfikan kekekhawatiran bagi pelaku kebaikan, dan tidak sayang kepada para penantang Allah dan Rasul.

Percaya kepada hari akhirat diyakini oleh Jumatang sangat berpengaruh bagi perilaku manusia dengan keberadaannya pada hari akhirat. Sehingga dengan kepercayaan tersebut akan terwujud pada ketaatan kepada Allah dan Rasul.

Jumatang Rate lulus dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 85,8 sebagai Doktor dalam Bidang Tafsir. Namun, ketika memaparkan isi disertasinya, Prof Dr Kamaluddin mengkritik gambaran yang dipaparkan oleh promovendus bukan isi abstrak. Akan tetapi ceramah.

“Sepertinya promofendus tidak memahami tentang apa itu abstrak, rumusan masalahnya harus diakui sesuai dengan isi gambaran,” kata Prof Kamaluddin. (*)

Previous Post KKN 75 UIN Alauddin Makassar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Desa Anrang
Next Post Orang Muda Menjaga Tradisi, KKN UIN Alauddin Menggelar Anrang Expo 2024