Gambar Kenalkan Mahasiswa Ke Dunia Usaha, Prodi Keperawatan Bawa Mahasiswa Kunjungi Klinik Rufaidah Medika

Kenalkan Mahasiswa Ke Dunia Usaha, Prodi Keperawatan Bawa Mahasiswa Kunjungi Klinik Rufaidah Medika

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, membawa mahasiswa melakukan kunjungan ke tempat usaha bidang kesehatan dan non kesehatan, Jumat-Sabtu 21-22 Juni 2024.

Kunjungan yang bertujuan untuk menganalisis suatu usaha itu, dibagi menjadi dua lokasi, yakni Klinik Rufaidah Medika sebagai tempat usaha bidang kesehatan dan Action Rocklamasi Tshirt Clothing sebagai tempat usaha bidang non kesehatan.

Kegiatan itu diikuti oleh Mahasiswa Keperawatan semester 4, didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan, Ns Andi Budiyanto Adi Putra S Kep M Kep dan Nur Al Marwah S Si M Kes. 

Ns Andi Budiyanto mengatakan, kunjungan ini memperhatikan lima aspek dalam manajemen kewirausahaan yakni man, money, material, metode, dan mesin.

"Pada saat kunjungan owner Klinik Rufaidah Medika menjelaskan tentang proses usaha berjalan, dan bagaimana mereka menyediakan SDMnya, kemudian dari segi metodenya alat-alat apa yang harus disiapkan dalam membuat usaha tersbeut," ucapnya.

"Jadi pada saat kunjungan ke Klinik Rufaidah Medika, Ns Uya yang merupakan alumni keperawatan tahun 2008, menggambarkan bagaimana awal klinik dibangun, tahap pembuatan yayasannya, serta penyediaan kompetensi yang harus dimiliki SDM terutama perawat," lanjutnya.

Sementara itu, saat berkunjung di tempat usaha non keperawatan, Ns Andi Budiyanto ingin menunjukkan kepada mahasiswa bahwa alumni keperawatan itu bisa mandiri, dan tidak harus bekerja sebagai pegawai di rumah sakit ataupun di rumah sakit.

"Pada saat melakukan kunjungan ke Action Rocklamasi Tshirt Clothing, para mahasiswa diajar melakukan simulasi mulai dari proses percetakan, branding, marketing, hingga produksi," tuturnya.

Ia pun menambahkan, metode pembelajaran seperti ini diharapkan mahasiswa bisa termotivasi, dan mulai menyiapkan bekal untuk masa depan yang mampu membuat mereka berkreasi setelah bangku perkuliahaan.

"Semoga mahasiswa bisa mulai merubah mindset yang tadinya sudah kuliah harus berada di alur keperawatan, ini ada opsi yang lain, jika mahasiwa punya potensi di bidang tertentu. Semoga setelah ini, mereka tidak punya rasa takut untuk memulai, karena tentu saja menjadi wirausaha itu bagaimana memupuk keberanian mereka untuk memulai sebuah usaha," harapnya.

Senada dengan itu, Pemilik Action Rocklamasi Tshirt Clothing yang juga alumni keperawatan angkatan 2013, Rahmat Setiawan berpesan agar para mahasiswa harus mengembangkan potensi yang dimiliki. Menurutnya, kunci kesuksesan bukan berpatokan pada pekerjaan formal.

 "Zaman sekarang, pekerjaan formal seperti ASN atau pegawai bukan menjadi tolak ukur seseorang bisa menjadi sukses. Jadi untuk para mahasiswa keperawatan, kalian tidak harus bekerja di rumah sakit atau puskesmas dan klinik-klinik yang tersedia, tetapi juga bisa membuka usaha sesuai potensi dan softskill yang dimiliki," Ia mengakhiri.

Previous Post Pimpin Apel Bulanan, WD ll FAH Ingatkan Sivitas Akademika Melek SISTER dan E-Kinerja
Next Post Gelar Kuliah Umum, Prodi Ilmu Politik Hadirkan Praktisi KPU dan Bawaslu Gowa