Gambar Kemarin, Jurusan Akuntasi Adakan Studium General

Kemarin, Jurusan Akuntasi Adakan Studium General

UIN Online - Jurusan Akuntansi Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universtas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menyelenggarakan studium general semester ganjil 2011/2012. Kamis,(15/12/2011). Kegiatan tersebut digelar di Lecture Theatre (LT) FSH.

Kuliah umum dengan tema Asuransi Syariah di Indonesia: Prospek dan Tantangannya menghadirkan narasumber Jaidin Abdullah, SAg, Manager Area Kalimantan dan Sulawesi PT. Asuransi Takaful Keluarga.

Dekan FSH, Prof Dr H Ambo Asse MAg dalam sambutannya menyampaikan bahwa asuransi syariah adalah salah satu produk dan juga lembaga keuangan syariah memerlukan Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik secara akhlak, moral maupun secara akademis yang merupakan kombinasi pengetahuan umum (akuntansi, manajemen, ekonomi) dan syariah.

“Strategi pemasaran produk asuransi perlu ditata ulang, tidak langsung menawarkan produk yang terkait dengan asuransi jiwa (kematian) ketika pertama kali bertemu dengan masyarakat,”katanya.

Narasumber memaparkan perbedaan mendasar antara asuransi konvensional dan asuransi syariah, yaitu pada tiga hal: gharar, maisir, dan riba.

Prospek asuransi syariah di Indonesia, menurutnya, masih punya potensi untuk berkembang dan diminati oleh masyarakat di Indonesia, terutama karena prinsip-prinsipnya didasarkan pada Al-Quran dan Hadis, bertitik tolak pada konsep ta’awun/tabarru’.

Tantangan yang dihadapi oleh asuransi syariah adalah memperkuat permodalan, penyiapan SDM terampil, pengembangan layanan dengan menggunakan IT; sinergi dengan lembaga keuangan lain, perguruan tinggi; menyiapkan produk-produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.  

Pada acara kuliah umum ini juga diserahkan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi pada semester genap 2010/2011. Mereka adalah Andi Oddang dan Ahmad As’ad (angkatan 2008) memperoleh IP = 4,00; Nurul Istiqamah (angkatan 2009) memiliki IP = 3,92; serta Hisyam Ichsan dan Masyhuri memperoleh IP = 3,89 (angkatan 2010).

Previous Post Sekjen Kemenag RI Kukuhkan Tujuh Pejabat Fungsional SDM UIN Alauddin Makassar
Next Post Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Benchmarking ke UIN Siber Syekh Nurjati, Perkuat Sinergi PJJ