Gambar Kapolda Sulsel Hadiri Wisuda 107 UINAM, Beri Orasi Ilmiah Tantangan Polri Menghadapi Era Demokrasi

Kapolda Sulsel Hadiri Wisuda 107 UINAM, Beri Orasi Ilmiah Tantangan Polri Menghadapi Era Demokrasi

UIN Alauddin Online - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan, Irjen Pol Yudhiawan menghadiri Wisuda Angatan 107 UIN Alauddin Makassar. Ia menyampaikan orasi ilmiah bertajuk tantangan polri menghadapi era demokrasi.

Irjen Pol Yudhiawan, mengingatkan para wisudawan akan tantangan kompleks yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, terutama dalam menjaga stabilitas keamanan di tengah era demokrasi yang dinamis. Dia menyoroti maraknya konflik sosial, hoaks, dan ujaran kebencian yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Polri tidak hanya bertugas menjaga keamanan, tetapi juga berperan aktif dalam mencegah konflik dan membangun masyarakat yang harmonis,” ujar Yudhiawan, di Gedung Auditorium Kampus UIN, Kab. Gowa Rabu 9 Oktober 2024.

Dia mengungkapkan, beberapa langkah strategis yang telah dan akan dilakukan Polri antara lain meningkatkan patroli, membangun dialog dengan masyarakat, serta memanfaatkan teknologi untuk mendeteksi dini potensi konflik. Selain itu, Polri juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan akademisi, untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif.

Eks Kapolrestabes Makassar ini menekankan pentingnya peran Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya generasi muda, untuk aktif berperan dalam menjaga kerukunan dan persatuan.

"Generasi muda adalah aset bangsa. Saya berharap kalian dapat menjadi agen perubahan yang membawa kebaikan bagi masyarakat," tutupnya.

Previous Post Prodi PBI UIN Alauddin Terima Kunjungan PT Decimal Education Center
Next Post UIN Alauddin Makassar Kukuhkan 752 Wisudawan Angkatan 107, Prof Hamdan Juhannis: Jadilah Green Sarja