Gambar Jurusan Biologi UIN Andalkan Mikrobiologi Terapan

Jurusan Biologi UIN Andalkan Mikrobiologi Terapan

UIN Online - Setiap jurusan, pasti memiliki ciri khas yang kemudian menjadi keunggulan yang bisa diandalkan dibandingkan jurusan lain. Demikian pula dengan Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Jurusan Birologi UIN Alauddin memiliki konsentrasi bidang mikrobiologi sebagai aspek terapannya. Sehingga kelak jika telah menjadi sarjana biologi, mereka memiliki pemahaman tentang konsep biologi secara umum dan bidang mikrobiologi secara khusus.

Tidak hanya itu, menurut Sekertaris Jurusan Biologi FST UIN Alauddin, Hafsah SSi MPd lulusan mereka juga memiliki kesadaran dalam pemeliharaan dan pemanfaatan sumber daya alam hayati.

"Juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan kompetensi dengan melakukan penelitian demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kewirausahaan secara individu maupun melalui kerjasama dalam kelompok," kata Hafsah ketika ditemui UIN Online, Rabu (01/06/2011).

Selain itu, lanjut Hafsah, lulusan Biologi UIN Alauddin juga memiliki profil akademik yang baik. "To be curiosity, good observer, accurate, patient, objective, sceptical, critical, creative, professional, confidence, dan moralistic yang dijiwai Al-Quran dan Al-Hadits," tambahnya.

Masih ada lagi keunggulan yang tidak bisa ditemukan di universitas lain, sarjana biologi UIN juga dapat berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Indonesia, bahasa arab, atau bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Dan yang cukup vital adalah mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi bidang biologi secara cepat, akurat, dan terkini.

"Untuk meningktkan mutu mata kuliah Jurusan Biologi menjalin kemitraan dengan instansi pemerintah, lembaga riset, perguruan tinggi dalam dan luar negeri, berbagai sektor industri, BUMN, dan swasta dalam rangka pengembangan, pelatihan dan penerapan berbagai aplikasi ilmu Biologi secara umum dan bidang Mikrobiologi secara khusus untuk kesejahteraan masyarakat," pungkas Hafsah. (*)

Previous Post Dekatkan Mahasiswa dengan Dunia Kerja, Prodi HI FUF Gelar Pelatihan Bimbingan Karier
Next Post Sidang Promosi Doktor Muhammad Mirwan, Kaji Aktualisasi Dakwah Wasathiyah MUI